Home Lintas Jateng Solo Pasang 36 PJU Pintar

Solo Pasang 36 PJU Pintar

image

Solo,25/11(Beritajateng.net)– Sebanyak 36 penerangan jalan umum (PJU) pintar (smart street lighting) yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, kini mulai dipasang di koridor Jalan Jenderal Sudirman setelah fasilitas serupa dipasang di Jalan Slamet Riyadi Solo.

Seluruh lampu itu nantinya dipasang di 18 titik sisi barat dan timur Jalan Jenderal Sudirman, dengan bantuan rekanan dari Korea. Masing-masing lampu berdaya 140 watt dengan sistem Light Emitting Diode (LED) untuk mengganti lampu lama yang berdaya 400 watt, kata Kasi PJU Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemkot Surakarta, Sutarmo kepada wartawan di Solo, Selasa.

Ia mengatakan penggunaan PJU pintar ini sejalan dengan upaya penghematan konsumsi listrik yang dicita-citakan Pemkot. “Sejak pemasangan meteran listrik di titik PJU, kami sudah bisa menghemat 40 persen dari total pemakaian konsumsi listrik. Dengan pemasangan PJU pintar ini, penghematan pemakaian daya bisa mencapai 60 persen”.

Dikatakan, sejak mulai menggunakan lampu hemat daya pada akhir 2013, Pemkot telah memiliki sekurangnya 75 titik PJU pintar di ruas jalan utama Kota Solo, yakni Jalan Slamet Riyadi.

“Ya untuk tahap awal, kami memang memprioritaskan pemasangan PJU pintar ini di jalan protokol yang menjadi wajah kota. Diharapkan, secara bertahap seluruh PJU di Solo bisa menggunakan lampu serupa, dengan tetap mempertimbangkan kemampuan anggaran daerah,” katanya.

Ia mengatakan untuk tahun depan, DKP telah mengajukan anggaran sekitar Rp 180 juta dalam pembahasan APBD 2015 untuk memasang lampu hemat energi tersebut di 20 titik. Rencananya akan dipasang di Jalan Slamet Riyadi, mulai perempatan Purwosari hingga Kleco.(ant/pj)