Home Ekbis Solo Jadi Lokasi Ajang Kompetisi Batu Mulia

Solo Jadi Lokasi Ajang Kompetisi Batu Mulia

Batu Mulia

Solo, 5/3 (BeritaJateng.net) – Kota Solo menjadi tempat berkumpulnya para kolektor batu akik di seluruh Nusantara. Sekitar 3.000-an jenis batu akik unggulan dan berkwalitas akan di pamerkan dan juga menjadi ajang lomba dalam acara yang mengambil tema Solo Gems Award 2015.

Pameran tersebut akan berlangsung mulai Kamis-Minggu (5-8/3/2015) yang mengambil tempat di Gedung Graha Wisata Niaga, Solo Jawa
Tengah. Akan diikuti oleh peserta dari Aceh, Jambi, Bengkulu, Solo, Jakarta, Makassar, Ternate, Bali, Jatim dan masih banyak lagi.

Kerabat Keraton Surakarta, Gusti Pangeran Hario (GPH) Poeger yang merupakan pelindung Paguyuban Batu Mulia Gladag (PBMG) Keraton Surakarta, sangat mendukung dengan adanya pameran batu akik tersebut.

“Agar masyarakat paham bahwa batu akik juga sebagai batu mulia. Hal itu terkait dengan sejarah batu mulia itu sendiri dengan para bangsawan keraton, termasuk Sunan sebagai raja,” jelasnya di Solo Jawa Tengah, Kamis (5/3/2015).

Bahkan sejak jaman dahulu, ungkap Gusti Puger batu mulia dikenal sebagai simbol bagi seorang raja. Karena yang dikenakan seorang raja. Dulunya juga dipakai para bangsawan karena ada unsur daya magisnya,” jelasnya.

Terpisah Panitia Panitia Festival Permata Nusantara Agustono Dwi Rachadi berharap agar batu mulia (akik) kembali menjadi trend kepada masyarakat. Dan juga untuk memperkenalkan potensi-potensi ekonomi di balik batu tersebut.

Agus juga menjelaskan karena batu ulia tersebut berasal dari alam maka suatu saat pasti akan habis dan tentunya jenis batuan tersebut akan semakin langka. Akibat kelangkaan tersebut pastinya harga akan semakin tinggi.

Dalam pameran tersebut dibagi empat kategori yaitu Bacan, Mixed Chalcedony, Fire opal, serta Picturial Gems.

“Sekarang ini, batu mulia atau akik sudah mengalami pergeseran nilai. Kalau semula batu akik sangat berharga karena nilai magisnya, sekarang batu mulia berharga karena nilai fashion-nya,” pungkasnya. (BJ24)