Home Ekbis Solo akan Uji Coba Parkir Elektronik

Solo akan Uji Coba Parkir Elektronik

parkir elektronik

SOLO, 27/4 (BeritaJateng.net) – Model parkir elektronik akan diterapkan dalam Perparkiran kota Solo sekitar bulan Agustus 2015 mendatang. Sebab itulah Pemerintah Kota (Pemkot) Solo makin intensif untuk melakukan sosialisasi penerapan sistem parkir elektronik.

Sistem parkir elektronik mulai disosialisasikan melalui Perda Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah Perihal Pemberlakukan Tarif Parkir Progresif dengan Aplikasi Parkir Elektronik yang akan diberlakukan sementara di dua wilayah yakni di sekitar Coyudan dan Jl. Dr. Radjiman.

Kepala UPTD Perpakiran M Usman menyebutkan jika ujicoba mesin parkir elektronik akan mampu menekan kasus perselisihan tarif. Pasalnya selama ini, pihaknya banyak menerima pengaduan sengketa tarif parkir karena penerapan parkir progresif.

“Dengan pemberlakukan sistem parkir elektronik, akanada kejelasan tarif parkir. Sehingga pengguna jasa tahu jam pertama dan keluar parkir,” jelasnya belum lama ini.

Usman juga mengungkapkan pihaknya akan mengajukan anggaran Rp200 juta di APBD Perubahan (APBD-P) 2015 untuk pengadaan mesin parkir elektronik. Nantinya mesin parkir elektronik ini bentuknya seperti mesin pembayaran via ATM.

Cara kerjanya petugas parkir memasukkan nomor polisi (nopol) kendaraan beserta jam parkir pertama. Selanjutnya konsumen akan mendapat print out atau karcis parkir.

Sehingga saat kendaraan akan keluar, petugas akan mencatat nopol dan memberikan print out yang berisi jumlah tarif parkir yang harus dibayarkan pengguna jasa parkir. (BJ24).