Home Ekbis Solar Cell Bisa Jadi Alternatif Pengeringan Keripik Jagung

Solar Cell Bisa Jadi Alternatif Pengeringan Keripik Jagung

1176
0
Solar Cell Bisa Jadi Alternatif Pengeringan Keripik Jagung
       Purbalingga, 12/7 (BeritaJateng.net) –  Sebanyak 64 peserta Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke XVII di Kabupaten Purbalingga bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik (Ipatek) telah melakukan penelitan pada proses pengeringan keripik jagung yang diproduksi industri makanan kecil di Dusun Sirongge, Desa Kembaran Kulon, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga. Dari pengamatan yang dilakukan oleh peserta PIRN tersebut salah satu kelompok akan meneliti penggunaan solar cell untuk pengeringan keripik jagung.
       “Dari berapa banyak kegiatan yang sudah kita telusur mungkin mencari alternatif seperti solar cell untuk diterapkan sebagai pengeringan,” papar Ahmad Binoto dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) salah satu instruktur PIRN ke XVII saat ditemui di lokasi penelitian, Kamis (12/7).
      Dari 64 peserta yang melakukan penelitian pada pengolahan pangan dan perikanan dibagi ke dalam 6 tim yang terdiri dari kurang lebih tujuh orang setiap timnya. Kegiatan yang dilakukan oleh para peserta PIRN sendiri diarahkan pada pengolahan pangan dan perikanan. “Pada pengolahan pangan, mereka (peserta PIRN, Red) mencari teknologi atau pengembangan teknologi pengeringan,” kata Ahmad.
      Karena produk yang saat ini ada pada pengolahan berbasis jagung menghasilkan keripik jagung yang membutuhkan proses pengeringan. Cara konvensional yang sekarang diterapkan oleh pemilik industry makanan tersebut adalah pengeringan menggunakan sinar matahari. “Jadi ketika cuaca berubah hujan mendung maka resiko tidak kering dan nanti resiko kerusakan tinggi misalnya jamuran,” ujar Ahmad.
       Apabila tetap menggunakan sinar matahari maka pada saat musim penghujan, proses pengeringan akan sedikit terhambat. Bila menggunakan oven yang saat ini banyak dijadikan sebagai alat pengeringan pada industri-industri makanan lain bianyanya cukup tinggi.
      “Nah, sekarang ada salah satu kelompok mencari energi alternatif baru untuk bias digunakan salah satunya pengembangan model dan juga sumbernya,” jelasnya.
       Limbah Keripik Jagung Bisa Jadi Kertas selain pada proses pengeringan, limbah dari keripik jagung yag dihasilkan juga dapat dimanfaatkan sebagai penelitian untuk menjadi kertas. Selama ini, limbah keripik jagung yang berupa pripilan ketika difilter  hanya digunakan sebagai pakan ternak yang dijual dengan harga yang masih sangat murah.
        “Salah satu tim coba menjajaki bagaimana limbahnya ini bisa dimanfaatkan nanti sebagai pembuatan kertas artinya mempunyai nilai ekonomi baru untuk mengatasi lingkungan,” terang Ahmad.
        Sedangkan pada kegiatan perikanannya peserta akan mencari pengolahan air dengan pembuatan semacam filter air. Sehingga air yang masuk dari luar kolam dan air yang keluar dari kolam menuju sungai atau areal persawahan kualitasnya menjadi lebih baik.
        “Jadi kualitas air yang digunakan untuk perikanan dan limbah yang dihasilkan kualitasnya baik dan dapat digunakan untuk hal yang lain sehingga mampu mengatasi permasalahan lingkungan,” pungkas Ahmad. (yit/El)