Home News Update Soemarmo Angkat Program Panca Warna dalam Pilkada 2015

Soemarmo Angkat Program Panca Warna dalam Pilkada 2015

Sumarmo

Semarang, 21/5 (BeritaJateng.net) – Mantan Walikota Semarang Soemarmo HS menyatakan telah memiliki lima program andalan yang diberi nama Panca Warna, program yang tersebut ia yakini dapat mewadahi segala permasalahan di Kota Semarang.

“Saya memiliki program apabila terpilih menjadi Wali Kota Semarang dalam Piwalkot Desember mendatang yang dapat mewadahi harapan masyarakat kota Semarang, dan apabila di jabarkan dalam RTJMB sangat luas,” ungkap Sumarmo dalam usai berziarah di makam Ki Ageng Pandanaran, Kamis (21/5) malam.

Kelima program tersebut yakni, pertama, peningkatan infrastruktur di Semarang. Peningkatan infrastruktur berupa jembatan jalan dll. Menurutnya, infrastruktur kita sangat tertinggal dari kota lainnya.

Ia mencontohkan Jalan lingkar utara, yang tiga tahun lalu di rencanakan di bangun untuk menyelesaikan permasalahan kemacetan. Program yang kedua yakni penanggulangan rob dan banjir.

“Ini berdampak dalam keadaan ekonomi dan sosial masyarakat Kota Semarang,” katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya berencana membuat sabuk pantai, dan jalan lingkar yg di gabungkan agar tidak terkena erosi, abrasi dan rob. 

“Namun juga harus di barengi pembangunan folder, embung dan lain lain untuk menunjangnya,” jelas Marmo.

Lebih lanjut, Sumarmo menjelaskan, programnya yang ketiga yakni penanganan kemiskinan.

Menurutnya, pada kepemimpinannya dulu, Marmo punya program Gerdu kempling, namun tidak di teruskan pada kepemimpinan sekarang.

“Padahal saya menghimpun anggaran CSR hampir Rp 10 miliar dari perguruan tinggi. Namun ternyata tidak dilanjutkan,” cerita Marmo.

Program keempat, yakni reformasi birokrasi, hukum dan daya saing.

“Harus ada reformasi birokrasi di Semarang, hal ini erat kaitannya dengan banyaknya keluhan masyarakat tentang pelayanan Pemkot Semarang. Maka birokrasi harus di rombak, pejabat yang kurang produktif perlu diganti. Yang berprestasi perlu mendapat penghargaaan,” ucapnya.

Program kelima yakni kesejahteraan sosial, budaya dan olahraga. Seperti membuat Gedung olahraga (GOR), Wall atau pertemuan besar, Sehingga kami punya rencana membuat gedung pertemuan internasional berkapasitas 20.000 orang dengan fasilitas mall dan hotel yang nantinya bisa di bangun di wilayah Timur dan Selatan.

“Kita bisa bangun itu dengan pihak ketiga. Kita bangun tanpa mengeluarkan sepeser pun, tentunya hal ini butuh keuletan pemimpinnya,” terang Marmo.

Ia yakin dengan berjalannya lima program ini, tata kota di wilayah di Semarang akan sesuai harapan masyarakat.

“Untuk itu, melalui doa-doa, kami memohon pada Allah, bahwa saya dalam mencalonkan diri sebagai Walikota Semarang, semoga apa yang dilakukan baik bagi kesejahteraan, pembangunan bisa dirasakan dengan baik oleh masyarakat,” katanya. (Bj05)