Home DPRD Kota Semarang Soal UN Diduga Bocor di Internet

Soal UN Diduga Bocor di Internet

soal un bocor

Semarang, 11/4 (BeritaJateng.net) – Soal Ujian Nasional (UN) jenjang SMA diduga bocor di sebuah blog internet. Dalam blog tersebut, soal mata pelajaran matematika secara jelas di unggah ke sebuah blog, yang dikhawatirkan menyesatkan peserta ujian.

Meski soal Ujian Nasional di kota Semarang belum di distribusikan ke sekolah-sekolah, kerawanan akan kebocoran soal UN nampaknya sudah mulai meresahkan, seperti yang terjadi disalah satu blog internet yang mengunggah jawaban soal ujian matematika.

Dalam blog ditemukan bocoran soal ujian nasional yang diunggah oleh seseorang yang tak bertanggung jawab, meski hanya pelajaran matematika saja yang secara lengkap di unggah namun soal yang terdiri dari 40 pertanyaan ini mengundang reaksi keras dari Wakil Ketua DPRD kota Semarang Joko Santosa

Menurut Joko, pihaknya meminta pada Dinas Pendidikan untuk menyelidiki berita tersebut dan segera melakukan sosialisi pada pihak sekolah maupun peserta ujian nasional.

“Dinas Pendidikan harus mengecek ulang apakah soal yang di unggah ini sesuai dengan soal yang akan di ujikan atau tidak,” ungkapnya.

Jika sesuai, lanjutnya, Dewan mendesak agar Disdik kota Semarang segera mengganti soal tersebut dengan yang baru, karena pihaknya yakin Disdik sudah mempersiapkan rencana lain jika memang terjadi kebocoran.

“Namun jika soal yang diunggah ternyata berbeda, Disdik harus segera melakukan sosialisasi dengan cara konfrensi pers ke media agar para peserta UN dan sekolah untuk tidak mempercayainya,” paparnya.

Joko mengakui, jelang UN seperti sekarang, sering terjadi isu kebocoran UN yang biasanya sangat menyesatkan.

Ditambahkan Joko, meski UN tahun ini tidak menentukan kelulusan siswa, namun dengan kejadian ini, pihaknya tidak ingin para peserta UN jadi terpecah konsentrasi belajarnya.

“Jika soal yang diunggah ternyata menyesatkan, dikhawatirkan justru akan memperburuk dan merugikan siswa sendiri, karena bagaimanapun nilai UN juga mempengaruhi persentase kelulusan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan kota Semarang, Bunyamin mengaku, baru mengetahui adanya berita mengenai bocoran soal UN lewat sebuah blog internet. Dengan kejadian ini, pihaknya memastikan akan mempelajari dan melkukan pengecekan.

“Saya menghimbau agar para siswa untuk tidak mempercayai soal un yang diunggah di dunia maya,” kata Bunyamin. (BJ05)