Home News Update SMP Negeri 4 Semarang Gelar Pesantren Ramadhan

SMP Negeri 4 Semarang Gelar Pesantren Ramadhan

IMG_20150709_083244

Semarang, 9/7 (BeritaJateng.net) – Memasuki tahun ajaran baru 2015/2016, Kamis (9/7) SMP Negeri 4 Semarang membagi kegiatan sekolah menjadi 2, yaitu untuk kelas VII ada Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD). Serta kelas VIII dan IX diadakan kegiatan Pesantren Ramadhan selama tiga hari, yakni Kamis, Jumat dan Sabtu.

Guru Pendidikan Agama Islam, Nur Rohim menjelaskan selama tiga hari ini dua kegiatan tersebut sudah dibagi sesuai kepanitiaannya masing-masing yang mengurus.

“Pesantren Ramadhan dipenuhi kegiatan teoritis, anak-anak bisa mengkaji tentang ilmu agama dan bisa menambah wawasan. Kegiatan praktiknya ada beberapa materi ibadah yang bertempat di Masjid Al Fattah SMP Negeri 4 Semarang,” ujarnya.

Kegiatan yang lain, juga mencakup infaq dan sedekah dari siswa karena ada perencanaan pelebaran tempat wudhu. SMP Negeri 4 Semarang setiap hari mengadakan kegiatan shalat dhuhur berjamaah, pada hari Jumat ada kegiatan shalat Jumat.

Ketika para siswa berwudhu bersama, dari sekian ratus anak tidak bisa menampung. Sehingga pelayanan terhadap pendidikan anak menjadi maksimal, moment Ramadhan ini ada kegiatan beramal, infak ditampung dari siswa, guru dan karyawan.

Materi Pesantren Ramadhan sudah dibagi menjadi beberapa bagian, ada adzan dan iqomah. Wudhu dan keutamaannya, shalat fardhu, Puasa Ramadhan dan akhlak. “Kita mencetak satu buku dan menyerahkan pada pemateri. Sebagai bahan rujukan untuk menyampaikan materi. Pemateri semua dari intern, melibatkan guru-guru SMP Negeri 4 Semarang,” jelasnya.

Kegiatan Ramadhan di SMP Negeri 4 Semarang dibagi menjadi 2 tempat, yaitu klasikal dan terpusat. Klasikal dibagi ke dalam 8 ruangan yang digunakan untuk pembelajaran tentang ilmu-ilmu agama selama kegiatan Ramadhan.

Kedua, terpusat ada di Masjid Al Fattah berupa materi praktik ibadah. Ada pergeseran, mulai jam pertama materi klasikal, kemudian jam kedua setelah istirahat langsung menuju masjid sembari melatih kemandirian.

Kepala Sekolah, Ringsu Suratno menambahkan dari kegiatan Pesantren Ramadhan ini, bisa menumbuhkan karakter bagi siswa yang cinta kepada Allah SWT, Rasul dan orang tua. “Setelah acara Pesantren Ramadhan selesai, diharapkan ada perubahan perilaku.
Ada pula yang beragama non muslim, karena kita sekolah negeri, selama tiga hari ini ada pendalaman keagamaan agar saling bersinergi,” imbuhnya saat ditemui di ruang Kepala Sekolah. (BJT01)