Home Hukum dan Kriminal Sistem E- Tilang, Pelanggar Tak Perlu Hadiri Sidang

Sistem E- Tilang, Pelanggar Tak Perlu Hadiri Sidang

satlantas tilang pelanggar
satlantas tilang pelanggar

SEMARANG, 30/12 (BeritaJateng.net) – Sistem E- Tilang akan segera diberlakukan dalam proses persidangan di Pengadilan Negeri Semarang, tepatnya pertengahan Januari 2017. Dalam sistem baru tersebut, pelanggar lalu lintas tidak perlu menghadiri sidang tapi bisa menitipkan dendanya ke rekening Kejaksaan Negeri Semarang pada bank yang akan ditunjuk. Uang titipan itu bisa dibayarkan secara tunai atau online.

Humas Pengadilan Negeri Semarang Muhammad Sainal mengatakan, proses persidangan dengan sistem itu dilakukan untuk menghindari praktik calo dan pungutan liar. Sistem persidangan itu diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 12/ 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu Lintas.

“Pelanggar yang kena tilang polisi ini akan membayar uang titipan, sedangkan berkas surat tilang beserta bukti pembayaran itu nantinya dibawa ke pengadilan sebagai kelengkapan,” jelas Sainal.

Saat hari persidangan, besaran denda akan diumumkan pada website pengadilan dan kejaksaan. Kemudian, mereka bisa mendatangi kejaksaan untuk mengambil barang bukti seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Menurut dia, besaran uang titipan ini tidak asal disebut oleh polisi tapi disesuaikan dengan denda maksimal sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 22/ 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Kalau nanti uang titipan, nominalnya lebih banyak dibandingkan besaran denda sesuai putusan hakim, maka pelanggar masih punya sisa dari uang titipan tersebut. Uang itu bisa diminta lagi melalui bank,” ungkapnya. (WR/EL)

Advertisements