Home Lintas Jateng Sinuhun PB XIII Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Darurat Klewer

Sinuhun PB XIII Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Darurat Klewer

Peletakan batu pertama pembangunan pasar darurat Klewer.

Peletakan batu pertama pembangunan pasar darurat Klewer.

SOLO, 6/4 (BeritaJateng.net) – Peletakan batu pertama pasar darurat Klewer menjadi penanda resminya pembangunan pasar darurat di Alun-alun utara Kraton Solo yang dipimpin langsung oleh 
Raja Keraton Surakarta Sampeyen Dalem Ingkeng Sinuhun (SISK) Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. 

Kehadiran Raja Solo PB XIII Hangabehi yang menggunakan kursi roda sungguh di luar dugaan, sempat dikabarkan sakit, namun dengan pengawalan ketat Sinuhun Hangabehi hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan pasar darurat.

Terlebih lagi saat ini tengah terjadi konflik internal dalam keluarga Kraton Solo yang berimbas pada mundurnya pelaksanaan pembangunan pasar darurat Klewer. 

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menjelaskan pembangunan pasar darurat resmi dimulai hari ini dan diperkirakan akan selasai dalam 90 hari kedepan dengan anggaran senilai 23 miliar.

Penandatangan MoU, terkait penyewaan lahan selama dua tahun sudah ditandatangani. Pemkot Solo untuk menyewa lahan selama dua tahun, sebesar Rp 5 Miliar, yakni mulai dari 6 April 2015 hingga 6 April 2017.

“Terima kasih pada Sinuhun, telah memberi ijin  untuk pembangunan pasar darurat. Tadi pagi kami juga telah menandatangani perjanjian sewa menyewa alun-alun utara di rumah PB XIII,” terang Rudi, Senin (6/4/2015). 

Rudi juga berharap agar selama pembangunan tidak ada suatu halangan apapun. Semua semua pihak, termasuk pedagang Klewer jangan ada yang menggangu proses pembangunan pasar darurat.  

“Saya harapkan agar pembangunan ini tak ada gangguan apapun dan dapat berjalan lancar. Kita juga berharap kehadiran sinuhun PB XIII ini akan menjadi awal kebangkitan dan kejayaan Keraton Surakarta,” jelas Rudi. 

PB XIII melalui kuasa hukumnya Ferry Firman Nurwahyu menyampaikan  maklumat yang berisi dukungan pada Pemkot Solo terkait pembangunan Pasar Darurat Klewer. PB XIII juga menyatakan meski sebagian alun-alun utara digunakan sebagai Pasar darurat tidak akan menganggu agenda kegiatan Kraton Solo yang resmi digelar setiap tahunnya. (BJ24)