Home News Update Sido Muncul Gelar Operasi Katatak di Gorontalo

Sido Muncul Gelar Operasi Katatak di Gorontalo

PR Senior Sido Muncul Nanik R berfoto bersama pejabat dalam baksos operasi katarak di Gorontalo.

— Kerjasama Kodim 1304 Gorontalo dan RSUD Toto Kabila Bolango

Gorontalo, 18/8 (BeritaJateng.net) – Indonesia sampai saat ini masih merupakan negara dengan jumlah penderita katarak tertinggi di Asia Tenggara yaitu 1,5 % per dua juta penduduk.

Setiap tahun 240.000 orang terancam mengalami kebutaan katarak. Guna membantu mengurangi jumlah penderita buta katarak di Indonesia, Sido Muncul melakukan Gerakan Penanggulangan Buta Katarak di Indonesia, yang pencanangannya dilakukan pada 15 Januari 2011 oleh Wapres RI Budiono saat itu.

Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-71, Tolak Angin Sido Muncul mengadakan Baksos Operasi Katarak Gratis Sido Muncul berkerjasama dengan Kodim 1304 Gorontalo, RSUD Toto Kabila Bolango, dan Perdami cabang Manado untuk 100 mata bagi warga kurang mampu di wilayah Gorontalo dan sekitarnya.

Kegiatan baksos secara seremoni dilaksanakan di RSUD Toto Kabila Bolango dihadiri oleh Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie, MAP, Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo dr. H. Triyanto S. Bialangi, M.Kes, Bupati Bone Balango H. Hamim Pou, S.Kom. MM, Direktur RSUD Toto Kabila Bone Bolango dr Tonie Doda, Sp.OG, Dandim 1304/Gorontalo Letkol Arm Yuniar Dwi Hantono, S. Sos, dan Senior PR Manager PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Dra Hj. Nanik R Sunarso.

Pelaksanaan operasi katarak gratis Tolak Angin Sido Muncul di Gorontalo, selain di RSUD Toto Kabila, juga dilakukan di RSUD dr. MM Dunda Limboto dan RSUD dr. Zainal Umar Sidiki, Kwandang.

Baksos operasi katarak gratis Sido Muncul telah dilakukan sejak tahun 2011 dan telah dilaksanakan di 27 provinsi, 209 kota/kabupaten di 232 Rumah Sakit di seluruh Indonesia. Jumlah yang telah dioperasi kerjasama antara Sido Muncul dan Perdami sampai akhir Juli 2016 adalah 47.100 mata.

Pihak-pihak yang telah mendukung kegiatan ini adalah: Pemda Tk. I & II, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) RI, Kementerian Kehutanan RI, Kementerian Kesehatan RI, TNI AL, Kodam I/Bukit Barisan, Kodam II/Sriwijaya, Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, Kodam V/Brawijaya, Kodam IX/Udayana, Kodam XVI/Pattimura, POLRI, POLDA Metro Jaya, POLDA Jateng, POLDA Jawa Barat, POLDA DIY, POLDA Jatim, POLDA Batam, Persatuan Pensiunan Angkatan Laut (PPAL), Fakultas Tehnik Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas YARSI, PBNU, NU FATAYAT, PUKAT/Keuskupan Surabaya, KOWANI, IWAPI, WITT, Pelindo, Yayasan Kick Andy, Media Group, Rumah Sakit & Klinik Mata.

Direktur Utama PT Sido Muncul Tbk, Sofyan Hidayat berharap kegiatan ini bisa terus terlaksana. Karena semakin banyaknya dukungan yang diberikan oleh masyarakat maupun lembaga ataupun organisasi masyarakat, akan membantu mengurangi jumlah penderita katarak di Indonesia.

Secara terpisah Direktur PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat menambahkan, bahwa dengan adanya baksos katarak Tolak Angin Sido Muncul bekerjasama dengan Kodim 1304 Gorontalo, RSUD Toto Kabila Bolango, dan Perdami cabang Manado dapat mengurangi angka penderita katarak, khususnya di Gorontalo.

“Melalui kegiatan ini pula, masyarakat dihimbau agar bisa menghilangkan persepsi bahwa operasi katarak itu menakutkan, karena banyak pasien yang enggan berobat karena takut operasi,” ujarnya.

Berkat upaya Sido Muncul dalam menanggulangi katarak di Indonesia, Sido Muncul mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya dari Museum Rekor Dunia Indonesia, Lembaga Prestasi Indonesia Dunia, Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), Latofi School CSR, Metro TV dan Forum Pengusaha Indonesia – Tionghoa.

Sido Muncul sampai saat ini telah memproduksi lebih dari 150 produk, dengan produk unggulan antara lain: Kuku Bima Energi, Tolak Angin, Alang Sari Plus, Kopi Ginseng Kuku Bima, Kopi Jahe Sido Muncul, Susu Jahe Sido Muncul, Jamu Komplit, Kunyit Asam. Untuk produk high quality dalam bentuk kapsul Sido Muncul telah memproduksi Sari Kulit Manggis, Sari Daun Sirsat, Sari Kunyit, dan Sari Daun Pepaya.  

Pada tahun 2015 lalu, Sido Muncul mengeluarkan beberapa produk baru yaitu Simunox untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Tolak Angin Bebas Gula, Tolak Linu Herbal, Tolak Angin Care Aromaterapi, Kuku Bima Energi rasa jeruk dan rasa anggur siap diminum dalam bentuk botol (RTD = Ready to Drink). Tahun ini, Sido Muncul kembali memperkenalkan produk barunya, yaitu Kuku Bima Energi Herbal dan Tolak Linu Mint. (PR/BJ)

Advertisements

Comments are closed.