Home Kesehatan Sido Muncul Gelar Operasi Katarak 160 Mata di Sumenep

Sido Muncul Gelar Operasi Katarak 160 Mata di Sumenep

Sumenep, 18/4 (Berita Jateng.net) – Pada tahun ke enam penyelenggaraan bakti sosial (baksos) katarak PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul,Tbk bekerja sama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata (Perdami), Rumah Sakit dan Instansi terkait sejak tahun 2011 sampai sekarang.

Kota Sumenep baru kali ini mendapatkan kesempatan diadakannya bantuan operasi katarak bagi kalangan tidak mampu kerjasama PT.Sido Muncul Tbk, RSUD dr. H. Moh Anwar, PWNU, LKNU dan Perdami Jatim.

Bertempat di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep digelar operasi sebanyak 160 mata. Baksos operasi katarak di Sumenep kota yang biasanya dijuluki Bumi Sumekar ini merupakan realisasi pelaksanaan perjanjian kerjasama PT. Sido Muncul dengan Nahdlatul Ulama untuk baksos operasi katarak sebanyak 3.000 mata di tahun 2015 lalu.

Screening para penderita katarak di Sumenep yang mencapai lebih dari 500 pasien sudah dilakukan beberapa hari yang lalu dan akhirnya ditetapkan sebanyak 160 mata yang akan menjalani operasi.

Acara simbolis pembukaan baksos operasi katarak di Sumenep ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Sumenep dr.H.Fatoni, Kepala RSUD dr. Moh. Anwar: Dr.Fitril Akbar, M.Kes, Wakil Ketua PWNU Jawa Timur dr Edi Suyanto, Ketua PC NU Sumenep H.A. Panji Taufik, Senior PR Manager Sido Muncul Dra. Hj. Nanik R. Sunarso, pihak rumah sakit, Perdami dan pejabat-pejabat terkait.

Kota Sumenep merupakan Kabupaten kaya sebagai penghasil migas terbesar di Madura. Karena banyaknya paparan sinar matahari dengan garis pantai yang lebar menjadikan masyarakat yang berpotensi terserang katarak juga semakin besar. Sangatlah memungkinkan kalau baksos katarak yang diadakan di Sumenep ini peminatnya sangat banyak.

Pada kesempatan terpisah Direktur Utama Sido Muncul Irwan Hidayat berpesan bahwa dengan semakin luasnya dukungan masyarakat dan banyaknya lembaga maupun organisasi masyarakat yang membantu upaya pemberantasan buta katarak maka semakin banyak pula masyarakat Indonesia yang terbebas dari buta katarak.

Diharapkan dengan adanya baksos katarak Sido Muncul, RSUD Sumenep, NU dan Perdami Jatim ini bisa mengurangi angka penderita katarak, khususnya di Kabupaten Sumenep.

“Melalui kegiatan ini pula, masyarakat dihimbau untuk menghilangkan persepsi bahwa operasi katarak itu menakutkan, karena banyak yang enggan berobat karena takut operasi,” ujar Irwan Hidayat.

Realisasi baksos katarak PT. Sido Muncul, PWNU Jatim dan Perdami telah dilaksanakan sejak bulan Juli 2015 sampai sekarang yaitu di kota-kota Jombang, Lamongan, Banyuwangi, Surabaya, Malang, Gresik dan Tuban.

Baksos operasi katarak yang telah dilakukan Sido Muncul sejak tahun 2011 sampai tahun 2016, sudah dilaksanakan di 27 propinsi, 207 kota/kabupaten dan di 228 rumah sakit/klinik di Indonesia ini. Sampai akhir tahun 2015 jumlah mata yang telah dioperasi sebanyak 45.000 mata.

Sampai saat ini Sido Muncul telah melakukan kerjasama baksos katarak dengan beberapa lembaga/organisasi/instansi yang meliputi : Kowani, Iwapi, WITT, Yayasan Kick Andy, Media-media Massa, Pundi Amal SCTV, Yayasan Jalinan Kasih, KNPI, Korpri, Universitas-universitas, Kepolisian, TNI, BUMN, Kementrian, Pemda, klinik-klinik mata dan lembaga-lembaga keagamaan dan lain-lain.

Upaya Sido Muncul dalam menanggulangi buta katarak di Indonesia ini ternyata diapresiasi dari Rekor MURI untuk kategori “Operasi Katarak dengan Teknik Phacoemulsifikasi Terbanyak dalam sehari” yaitu sejumlah 328 mata pada 31 Mei 2015 di RS Awal Bros Batam.

Penghargaan LEPRID diterima pada 30 Juni lalu karena Sido Muncul konsisten dalam melaksanakan operasi katarak gratis sejak tahun 2011, Enterprise Asia “Asia Responsible Enterpreneurship Award 2011” atas program katarak.

Penghargaan dari Metro TV bekerjasama dengan Forum Pengusaha Indonesia – Tionghoa “Apresiasi CSR Sejahtera Indonesia 2012 kategori kesehatan dan La Tofi Award “The Indonesian Most Committed CEO for CSR Award 2012 dari La Tofi School CSR.

Sampai saat ini Sido Muncul telah memproduksi lebih dari 150 produk, dengan produk unggulan antara lain : Kuku Bima Energi, Tolak Angin, Alang Sari plus, Kopi Ginseng Kuku Bima, Kopi Jahe Sido Muncul, Susu jahe Sido Muncul, jamu Komplit, Kunyit Asam dll. Untuk produk high quality dalam bentuk kapsul Sido Muncul telah memproduksi Sari Kulit Manggis, Sari Daun Sirsat, Sari Kunyit, dan Sari Daun Pepaya.

Pada tahun 2015 ini Sido Muncul telah mengeluarkan beberapa produk baru yaitu Simunox untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Tolak Angin Bebas Gula, Tolak Linu Herbal Cair Sachet, Tolak Angin Care Aromaterapi, Kuku Bima Energi rasa jeruk dan rasa anggur siap diminum dalam bentuk botol (RTD = Ready to Drink). (PR/BJ)