Home Ekbis Sidak Pusat Perbelanjaan, Disperindag Temukan Borax dan Makanan Kadaluarsa

Sidak Pusat Perbelanjaan, Disperindag Temukan Borax dan Makanan Kadaluarsa

Temuan makanan kadaluarsa oleh Disperindag Kota Semarang.

Semarang, 13/6 (BeritaJateng.net) – Guna memastikan ketersediaan dan kelayakan barang konsumsi khususnya makanan dan minuman di Bulan Ramadhan, Pemkot Semarang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bersama tim pengawas melakukan sidak pasar tradisional dan pasar modern.

Bersama tim gabungan dari Disperindag, Balai POM, Dinas Kesehatan dan Bagian Humas Senin (13/6) pengawasan dilakukan di Pasar Gayamsari dan sejumlah swalayan seperti Giant Central City, dan Ada Majapahit.

Dalam pantauan tersebut, tim menemukan adanya borax (orang menyebut dengan ‘bleng’) yang masih dijual sejumlah pedagang Pasar Gayamsari. Selain itu sejumlah barang konsumsi yang sudah kadaluarsa, tidak ber-PIRT, dan memiliki kemasan yang sudah penyok. Usai melakukan sidak, borax dan makanan yang berkadaluarsa tersebut langsung disita untuk kemudian dimusnahkan.

Kepala Disperindag, Nurjanah meminta kepada konsumen untuk dapat menjadi pembeli yang cerdas dan juga penjual untuk menjual barang dagangannya dengan jujur.

“Masyarakat harus menjadi konsumen yang cerdas dalam berbelanja. Perhatikan sejumlah poin saat berbelanja, misalnya masa kadaluarsa, kemasan, garansi serta label yang ada dalam produk,” ungkap Nurjanah.

Begitupun sebaliknya penjual diwajibkan untuk jujur terhadap konsumen. Karena hal ini untuk melindungi masyarakat/konsumen dalam hal membeli barang dengan aman untuk dikonsumsi.

Temuan borax di pasar Gayamsari.
Temuan borax di pasar Gayamsari.

Selain itu lanjutnya masyarakat harus lebih teliti sebelum membeli, memperhatikan mutu standar produk serta berbelanja sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya kepada pembeli, pada para pedagang dan pengelola mall, Nurjanah meminta untuk lebih memastikan kelayakan dan keamanan barang-barang yang dijualnya.

Sementara Dinas Kesehatan mengingatkan akan bahayanya borax di dalam tubuh. Menurut Dinas Kesehatan borax efeknya dalam jangka panjang baru bisa dideteksi karena sifatnya menumpuk di dalam tubuh. Bahanya bisa menimbulkan sakit kanker dan juga dapat merusak fungsi ginjal. (Bj05)