Home Lintas Jateng Sidak Mamin Di Pasar Tradisional, DKK Temukan Makanan Tak Layak

Sidak Mamin Di Pasar Tradisional, DKK Temukan Makanan Tak Layak

694
Sidak Mamin Di Pasar Tradisional, DKK Temukan Makanan Tak Layak

Karanganyar, 16/6 (BeritaJateng.net) – Tim Dinas Kesehatan (DKK) Karanganyar gelar Inspeksi mendadak (sidak) terkait  makanan dan minuman yang tidak layak konsumsi  di Pasar Palur, Ngringo, Jaten, Karanganyar, Rabu (15/6) kemarin.

Tujuan digelarnya sidak makanan di pasar tradisional untuk menghindarkan masyarakat dan mengedukasi pedagang agar tidak membeli makanan yang mengandung pengawat dan pewarna tekstil.

Ditemukan ikan asin teri yang mengandung bahan pengawet berbahaya. Makan ringan berwarna terang mengandung zat berbahaya.  Bakmi basah, dan cendol yang menggunakan  pewarna tekstil.

“Sebenarnya kami sudah melakukan sosialisasi ke bebe­rapa produsen dan pedagang tentang bahayanya menggunakan atau mencampurkan zat-zat berbahaya. Namun masih juga ditemukan dalam makanan yang di jual di pasar,” jelas ketua Tim Sidak dari DKK Karanganyar, Rita Sari Dewi.

Kabid Bina Kesehatan Dinkes Karanganyar Rita Sari Dewi mengatakan sidak makanan yang diambil secara acak di beberapa kios Pasar Palur.

Banyak ditemukan makanan kemasan yang tidak menyertakan masa kadaluarsanya. Selain itu banyak juga ditemukan roti yang sudah berjamur. Sangat berbahaya jika di konsumsi karena mengandung jamur dan bakteri berbahaya bagi manusia.

“Ada temuan  dari produk mendekati tanggal kedaluwarsa, sudah kedaluwarsa, tanpa pencantuman tanggal kedaluwarsa” jelas Dewi.

Pihak Dinkes sendiri menghinbau kepada masyarakat saat membeli makanan kemasan di manapun juga. Apakah di toko, supermarket, maupun pasar tradisional terutama untuk kebutuhan selama lebaran.

“Pasalnya jika dikonsumsi berbahaya bagi tubuh. Untuk jangka pendek tidak berbahaya, namun semakin lama akan terakumulasi di dalam lemak tubuh dan pastinya berbahaya bagi kesehatan,” pungkas Dewi. (Bj24).

Advertisements