Home Ekbis Siapkan Angkutan Lebaran, PT KAI Revitalisasi Sejumlah Gerbong

Siapkan Angkutan Lebaran, PT KAI Revitalisasi Sejumlah Gerbong

IMG-20150609-00753
Semarang, 10/6 (BeritaJateng.net) – Persiapan lebaran PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IV mulai melakukan revitalisasi terhadap sejumlah gerbong angkutan lebaran di Dipo lokomotif Semarang Poncol (SMC), Rabu (10/6) siang.

Revitalisasi tersebut dilakukan dengan menambahkan sejumlah aksesoris bernuansa jawa pada gerbong kereta Ekonomi dan eksekutif guna menarik perhatian para penumpang. 

Seperti perbaikan revitalisasi terhadap gerbong Kereta Api Ekonomi jurusan Semarang Tegal. Kereta jarak dekat ini rencananya akan dioperasikan sebagai salah satu moda angkutan lebaran yang telah disiapkan.

Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop IV Semarang mengatakan tujuan melakukan revitalisasi lebih difokuskan pada interior Kereta gerbong lokal.

“Kita sudah proses mempersiapkan revitalisasi kereta gerbong. Untuk tahap awal yang dilakukan pada Kereta gerbong yakni Kereta Kaligung Mas,” katanya saat ditemui dilokasi.

Lebih lanjut dimana untuk interior kereta kaligung mas diadopsi dari pada ciri khas dari jawa tengah, jadi dalamnya ada motif ukiran batik Jepara, dan ada ukiran batik pekalongan.

“Semua revitalisasi dilakukan pada bagian tempat duduk penumpang serta meja makan yang juga menggunakan pengrajin kayu dari jepara,” ungkapnya.

Adapun konsep interior gerbong Kereta ini ditargetkan selesai sebelum puasa. Supaya nanti bisa segera dipakai operasional.

“Kita sengaja konsep interior dengan motif batik agar para penumpang pada arus mudik tertarik dan nyaman saat naik Kereta,” jelasnya.

Seperti diketahui fasilitas tambahan terhadap Kereta Api Kaligung Mas ini, sebenarnya merupakan konsep lama yang diketahui bernama Kereta aling-aling.

Kereta aling-aling tersebut yang biasanya dipergunakan di gerbong paling belakang. Dengan adanya penataan ulang serta konsep yang berbeda, nantinya diharapkan mampu memberikan kenyamanan khususnya pada saat pelaksanaan angkutan lebaran.

Selain Kereta Kaligung Mas, Rencanannya juga akan melakukan renovasi untuk Kereta Api Eksekutif Argo Muria, dan Argo Sindoro.(BJ04)