Home Headline Semarang Targetkan Masuk Zona Hijau Sebelum Pilwakot 2020

Semarang Targetkan Masuk Zona Hijau Sebelum Pilwakot 2020

190
Pjs Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto memberikan hadiah bagi masyarakat yang tertib protokol kesehatan.

Semarang, 20/10 (BeritaJateng.net) – Untuk mencegah sebaran Covid-19 yustisi masker terus digencarkan disemua wilayah di Kota Semarang. Pasalnya, Kota Semarang menargetkan diri menjadi zona hijau sebelum Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Semarang 2020.

“Razia kita tingkatkan di semua wilayah untuk mencegah sebaran Covid-19, kita upayakan sebelum Pilwalkot sudah zona hijau,” ujar Pjs Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto didampingi Kasat Pol PP Fajar Purwoto saat memimpin razia masker di Jalan Pahlawan, Selasa (20/10/2020).

Razia masker sebagai upaya mensosialisasikan protokol kesehatan dan wajib 3M kepada masyarakat. Pengguna jalan diimbau untuk menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Meski begitu lanjut Tavip, beberapa sektor usaha tetap dibuka dengan SOP kesehatan yang ketat. Seperti beberapa bioskop yang sudah mengajukan ijin operasional, pihaknya masih melakukan kajian.

“Beberapa bioskop yang mengajukan ijin operasional kita kaji apakah nenenuhi protokol kesehatan apa tidak dan ini sedang kita simulasikan di beberapa bioskop di Kota Semarang,” tambah Tavip.

Sementara itu dalam razia di Jalan Pahlawan, Fajar Purwoto mengatakan sebanyak 54 terjaring karena tidak mengenakan masker, 28 orang menjalani rapid tes dan dua orang reaktif.

“Untuk yang melanggar kita kenakan sanksi menyapu jalan Pahlawan, 28 kita rapid tes dan dua orang reaktif,” ujar Fajar.

Untuk dua orang yang reaktif langsung menjalani swab tes oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang. Jika hasilnya positif kedua orang itu akan dijemput Puskesmas terdekat untuk menjalani tindakan lebih lanjut.

“Dua orang yang reaktif langsung menjalani swab tes, jika hasilnya positif maka akan dijemput Puskesmas terdekat untuk penanganan lebih lanjut,” tambah Fajar.

Lebih jauh Fajar mengatakan, selain memberikan sanksi sosial dan penyitaan KTP bagi yang melanggar, Satpol PP juga memberikan reward atau hadiah sembako bagi yang tertib mengenakan masker.

“Razia kita libatkan Polsek Semarang Selatan, Satpol PP Provinsi Jateng, Polrestabes Semarang. Untuk yang tertib kita berikan reward atau hadiah berupa sembako,” pungkas Fajar.

Dari pantauan, Pjs Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto, Kasat Pol PP Provinsi dan Waka Polsek Semarang Sekarang AKP Maryanto dan Kasat PP Kota Semarang secara bergantian memberikan reward. (El)