Home Hiburan Semarak Imlek di Sekolah Karangturi Semarang

Semarak Imlek di Sekolah Karangturi Semarang

image

Semarang, 28/2 (BeritaJateng.net) – Ada yang menarik di sekolah Karangturi, setiap sudut dan lorong gedung tertata lampion beraneka bentuk dan warna, suara musik keroncong dan permainan barongsay menambah semarak Pesta Lampion dan Perayaan Imlek sekolah Karangturi, Jl. Raden Patah
182-192 Semarang.

Ribuan lampion beraneka bentuk dan warna menjadi pemandangan menarik di setiap sudut dan langit-langit bangunan, bukan hanya itu, beragam acara multicultural budaya juga menambah keseruan acara seperti pentas dalang cilik, peragaan busana dan pemilihan cici & koko, pentas music dan tari, bazar jajanan imlek dan diakhiri dengan pelepasan lampion harapan ke udara.

Ketua panitia sekaligus Kepala SMP Karangturi, Andy Hermawan mengatakan, pesta lampion ini merupakan simbolisasi budaya multikultur sekolah Karangturi, terdapat beragam kesenian yang ditampilkan, bukan hanya kesenian China namun menampilkan gelaran apik dari kebudayaan lain, seperti wayang, keroncong, gambang Semarang, dll.

“Nyala lampion-lampion ini memiliki filosofi pngharapan bahwa ditahun yang akan datang diwarnai dengan keberuntungan, rejeki, dan kebahagiaan,” ujarnya.

Menurutnya, pesta lampion kali ini bukan hanya sekedar pesta, namun perwujudan semangat dan kekeluargaan Karangturi.

Sementara itu Ketua Yayasan Pendidikan Nasional Karangturi, Haryanto Halim menjelaskan, kegiatan bertujuan untuk mengekplorasi bakat siswa dan menampilkan multikultur budaya yang seutuhnya ditampilkan oleh siswa Karangturi.

“Seperti yang dapat dilihat, karya-karya yang di pajang seperti lampion dan pernak pernik merupakan karya dari siswa TK hingga SMA Karangturi. Bukan hanya itu, siswa-siswa tersebut juga unjuk gigi memperlihatkan bakat dan kemampuan yang dimilikinya dalam gelaran acara ini,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam pagelaran tersebut terdapat tiga stage yang masing-masing mempertunjukan keahlian berbeda-beda.

“Keberagaman ini menjadi begitu indah karena dapat dinikmati bersama,”katanya. 

Pelepasan lampion harapan sebagai puncak acara. Secara serentak pengurun YPN Karangturi menerbangkan lampion sebagai wujud doa dan harapan sekolah Karangturi dimasa mendatangkan, terlebih dalam waktu dekat sekolah ini akan menempati gedung baru di Graha Padma.(BJ05)