Home Hiburan Semar Raksasa Warnai Festival Dalang Cilik

Semar Raksasa Warnai Festival Dalang Cilik

Semar Raksasa ramaikan festival dalang cilik di Karanganyar.

Karanganyar, 20/5 (BeritaJateng.net) – Ramaikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar gelar Festival Dalang Cilik dan Kirab wayang Semar raksasa berukuran tinggi 5,8 meter dan merupakan Wayang Semar terbesar di dunia.

Inspirator wayang Semar raksasa Margono dari sanggar Wayang Gogon Surakarta menjelaskan bahan yang dibuat untuk wayang semar berasal dari kulit kerbau. Dan masa pengerjaanya membutuhkan waktu lebih dari setahun.

“Bahannya dari kulit kerbau karena lebih kuat dan hasilnya juga bagus. Untuk membuatnya membutuhkan bahan hingga 11 lembar kulit kerbau,” jelasnya di Karanganyar Jawa Tengah (20/5/2016).

Wayang ini, lanjut Margono merupakan tokoh pamomong dan melambangkan kesucian, kejujuran dan kebijaksanaan. Sehingga patut untuk dijadikan panutan.

Sebelumnya Semar raksasa karya dan koleksi Sanggar Wayang Gogon Surakarta juga dikirab saat memeriahkan Hari Wayang Dunia 2015 lalu. Kirab wayang semar juga memberikan pesan moral tentang kebajikan.

Masih dalam event Hari Kebangkitan Nasional, Pemkab Karanganyar juga menggelar festival dalang cilik yang diikuti oleh 22 dalang cilik yang dua diantaranya masih berusia balita 4 dan 5 tahun.

Maestro Dalang Ki Manteb Sudharsono berpesan agar dalang cilik terus belajar mendalang saja. Tidak usah pikirkan siapa yang akan menanggapnya.

‘’Saya berharap regenerasi berhasil. Dan masa depan wayang kulit semakin mendunia,” pesan Ki Mantep. (Bj24)