Home Headline Semangat Nenek 88 Tahun Asal Blora Jalani Vaksinasi Tahap Pertama

Semangat Nenek 88 Tahun Asal Blora Jalani Vaksinasi Tahap Pertama

BLORA, 6/7 (BeritaJateng.net) – Siti Solichatun (88) seorang nenek asal Kelurahan Jetis, Kecamatan / Kabupaten Blora, Jawa Tengah tetap semangat mengikuti vaksinasi lansia tahap pertama.

Ia yang tidak bisa berjalan hanya duduk tenang saat petugas dari Puskesmas Blora kota mendatangi rumahnya untuk jemput bola melakukan vaksinasi lansia.

Sebelumnya petugas melakukan screening terlebih dulu kepada Siti Solichatun. Setelah normal semua baru petugas mennyuntikan vaksin sinovac ke lengan kirinya.

“Rasanya tidak sakit, hanya seperti digigit semut. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan,” ujar Mbah Siti sambil duduk di kursi rodanya, Selasa (6/7/2021).

Mbah Siti Solichatun mengucapkan terimakasih kepada Bupati Arief, yang telah rela menyempatkan diri untuk hadir mengawal vaksinasi terhadap dirinya.

Dengan didampingi Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Edi Widayat, S.Pd., MH., M.Kes., Bupati menyaksikan langsung penyuntikan vaksin oleh petugas kepada Mbah Siti.

“Mbah Siti Solichatun ini dengan usia yang sudah sepuh, tetap semangat di atas kursi rodanya untuk mendapatkan vaksin sinovac dosis pertama. Alhamdulillah prosesnya lancar dan tidak merasa kesakitan,” ucap Bupati Arief.

Hal ini menurut Bupati membuktikan bahwa vaksin aman dan sehat untuk lansia.

“Mbah Siti saja tidak kesakitan, hanya terasa seperti digigit semut. Sehingga vaksin memang sehat dan aman untuk lansia. Mari kita sukseskan bersama vaksinasi untuk lansia,”imbuhnya.

Kenapa lansia didahulukan? Lanjut Bupati, karena lansia merupakan golongan yang rentan terpapar Covid-19 dan rawan memiliki penyakit penyerta.

“Semoga lansia di Blora sehat semuanya dan segera tervaksin semuanya, amiin,” tambah Bupati.

Dikatakan Bupati bahwa, proses vaksinasi ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar lahir yang dilakukan agar tubuh semakin memiliki ketahanan yang bagus dari paparan virus.

Pihaknya meminta seluruh jajaran Puskesmas, untuk terus aktif menginformasikan jadwal vaksinasi kepada masyarakat, melalui berbagai kanal informasi dan media sosial.

Untuk diketahui suhu tubuh Mbah Siti setelah melalui pemeriksaan, 36,2•C dan tekanan darahnya 160/90 (masih dalam batas toleransi untuk pemberian vaksin). Sehingga layak untuk menerima vaksin, kali ini vaksinnya sinovac. (Ak/El)