Home News Update Selama Arus Mudik, Lonjakan Trafick Diprediksi Naik 150 Persen

Selama Arus Mudik, Lonjakan Trafick Diprediksi Naik 150 Persen

573

Purwokerto, 3/7 (BeritaJateng.net) – Selama arus mudik Lebaran, diprediksi lonjakan trafick pemudik yang masuk ke wilayah Jateng-DIY mencapai 150 persen. Wilayah yang diwaspadai lonjakan traficknya terutama di Brebes, Tegal dan Pemalang.

Terkait besarnya lonjakan trafick ini, Telkomsel Jateng-DIY sudah jauh-jauh hari melakukan persiapan dengan menambah kapasitas BTS. Vice President ICT Network Management Area Jawa-Bali Telkomsel, Ronny Arnaz mengatakan, pihaknya melakukan Network Drie Test di sepanjang jalur mudik, menggunakan rute darat dan kereta api.

ʺKami juga sudah mengantisipasi dengan menyediakan Visitor Location Register (VLR­) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan, kami sediakan kelonggaran sampai 50 – 60 persen di sepanjang jalur mudik,ʺ kata Ronny Arnaz , Minggu (3/7).

Saat ini, pelanggan Telkomsel di wilayah Jateng-DIY mencapai 14 juta lebih, atau 37 persen. Dan selama arus mudik ini, akan ada penambahan pemudik yang masuk ke Jateng-DIY hingga 2,7 juta.

ʺBisa dibayangkan bagaimana kepadatan traficknya, tetapi semua itu sudah kita antisipasi jauh hari. Kalau untuk voice, SMS, WA dan sejenisnya, dijamin sudah tidak ada masalah. Yang kita persiapkan adalah untuk penggunaan trafick internet,ʺ kata Ronny.

Tidak hanya jalur mudik yang menjadi perhatian, tetapi juga tempat-tempat wisata. Diprediksi selama masa angkutan Lebaran ini, lonjakan trafick untuk layanan SMS naik sekitar 39 persen, layanan data naik 47 persen hingga 309 Tera Byte, serta layanan suara (voice) naik sebesar 19 persen, jadi 123 juta minute of usage (MOU). (BJ33)

Advertisements