Home News Update Selama Angkutan Lebaran, Setiap 14 Menit Kereta Api Lewat di Jalur Selatan

Selama Angkutan Lebaran, Setiap 14 Menit Kereta Api Lewat di Jalur Selatan

Kadaop V Purwokerto Cek Rel Kereta Api.

Purwokerto, 24//6 (Beritajateng.net) – Selama masa angkutan Lebaran, mulai Jumat (24/6), jalur selatan akan dilewati 132 kereta api (KA) setiap hari. Hal ini menyebabkan, setiap 14 menit, pintu perlintasan KA akan ditutup.

Kepala Daop V Purwokerto, Safrudinsyah mengatakan, peningkatan frekuensi KA yang melintas cukup banyak. Sebab, pada hari biasa, frekuensi KA yang melintas di jalur selatan hanya 76 KA per hari, terdiri dari 62 KA penumpang dan 14 KA barang. Namun, selama angkutan Lebaran, selain 76 KA yang biasa melintas, ada tambahan 22 KA penumpang dan 4 KA angkutan motor gratis (Motis).

“Jadi selama masa angkutan Lebaran, mulai 24 Juni hingga 16 Juli 2016, antara jalur Purwokerto – Kutoarjo, tetiap hari ada 102 KA yang melintas dan antara Purwokerto – Kroya ada 30 KA yang melintas per hari. Sehingga total di wilayah Daop V, ada 132 KA yang melintas setiap harinya,” kata Kadaop.

Dalam kondisi normal, setiap harinya ada 102 KA yang melintas di wilayah Daop V, sehingga ada peningkatan 28 KA per hari. Dengan tingkat kepadatan tersebut, Kadaop mengintruksikan agar jalur KA dipersiapkan semaksimal mungkin, pengecekan rel KA harus ditingkatkan dan dilakukan berkala secara rutin.

Usai memimpin apel kesiapan pelayanan angkutan Lebaran di halaman kantor Daop V, Kadaop meninjau kondisi rel KA di sekitar Stasiun Purwokerto. Pada kesempatan tersebut juga diperiksa kesiapan Alat dan Material Untuk Siaga (Amus).

Sementara itu, puncak arus mudik Lebaran diperkirakan pada H-1 atau tanggal 5 Juli, diperkirakan peningkatan volume penumpang KA pada hari tersebut mencapai 202 persen. Pada hari normal, jumlah penumpang reguler sekitar 8.135 orang dan pada puncak arus mudik nanti, diprediksi penumpang KA yang turun di Stasiun Purwokerto mencapai 16.447 orang.

Humas Daop V, Surono menambahkan, kepadatan penumpang pada puncak arus mudik di Daop V sampai 22.905 penumpang.

“Prediksi kami, paling padat adalah saat puncak arus balik yang diperkirakan terjadi tanggal 10 Juli, kepadatan penumpang diprediksi 30.576 orang pada hari tersebut,” jelasnya. (BJ33)