Home News Update Sekolah di Semarang Mulai Bersiap Hadapi UN

Sekolah di Semarang Mulai Bersiap Hadapi UN

image

Semarang, 17/3 (Beritajateng.net) – Kalangan sekolah di Kota Semarang mulai melakukan pemantapan atau pendalaman materi pelajaran, terutama pelajaran yang diujikan pada ujian nasional.

“Kami sudah mulai pemantapan mata pelajaran khusus UN sekitar seminggu lalu. Tepatnya, sejak 10 Maret 2015,” kata Kepala SMA Negeri 9 Semarang Wiharto di Semarang, Selasa (17/3).

Ia menyebutkan UN mengujikan enam mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika, ditambah tiga pelajaran yang disesuaikan dengan penjurusan siswa, seperti IPA dan IPS.

Dengan pembelajaran khusus pada mata pelajaran yang diujikan pada UN, kata dia, diharapkan siswa lebih fokus dalam menyiapkan diri menghadapi pelaksanaan UN pada April mendatang.

“Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2015 sudah kami terima pada Sabtu (14/3) lalu. Jadi, kami lebih mantap secara hukum dalam menyiapkan siswa menghadapi UN tahun ini,” katanya.

Menurut dia, penyiapan siswa menghadapi UN juga dilakukan melalui uji coba ujian (try out) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Semarang dan sekolah masing-masing.

Kalau “try out” dari Disdik Kota Semarang diselenggarakan serentak sebanyak dua kali, kata Wiharto, sementara “try out” yang dikoordinasi sekolah direncanakan sebanyak dua kali.

Senada dengan itu, Kepala SMA Negeri 3 Semarang Bambang Nianto mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan untuk menghadapi UN, mulai penambahan pelajaran hingga “tryout”.

“Kami sudah mendapatkan POS UN 2015. Disdik juga sudah menyosialisasikan pelaksanaan UN, sementara kalau persiapan sudah kami lakukan jauh-jauh hari. Antara lain, ‘try out’,” tukasnya.

Pelaksanaan “tryout”, kata dia, dikoordinasi oleh Disdik melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Semarang sebanyak dua kali dan oleh sekolah sebanyak dua kali.

“Sekarang ini, kami juga sudah lakukan pemantapan pelajaran khusus UN untuk kelas XII. Setelah ujian sekolah (US) rampung, pelajaran memang kami fokuskan khusus UN,” tukas Bambang.

Sebelumnya, Disdik Kota Semarang menyatakan sekolah-sekolah sudah mulai melakukan persiapan menghadapi UN meski petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan UN dari pusat belum keluar.

Kepala Disdik Kota Semarang Bunyamin memastikan sekolah-sekolah sudah melakukan persiapan, seperti “try out” dan pengintensifan pembelajaran, khususnya yang diujikan pada UN.(ant/BJ)