Sekda: Banjir Surut, Dapur Umum Terpusat di Balaikota Semarang Ditarik Hari Ini

SEMARANG, 6/1 (BeritaJateng.net) – Kondisi terkini genangan banjir di Kota Semarang sampai Jumat (6/1/2023) telah surut dan hanya menyisakan sedikit genangan seperti di  jalan masuk kelurahan Trimulyo dengan ketinggian sekitar 5 centimeter.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminudin mengatakan, genangan banjir yang sempat merendam jalan protokol seperti Kaligawe, Woltermonginsidi dan permukiman mulai surut dan kering pada Kamis (5/1/2023).

Tinggal, genangan air di jalan akses masuk kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk, masih ada sedikit genangan banjir sekitar 5 centimeter. Saat ini telah dipompa, sehingga hari ini juga bisa kering.

“Sedangkan genangan air akibat tanggul jebol di Kawasan pantai Marina, baru penanganan sementara, karena wilayahnya dipunyai pengelola kawasan tersebut. Namun, sudah diatasi penanganan sementara berupa sand bag. Kalau titik banjir lainnya di permukiman dan jalan protokol kota, maupun provinsi sudah surut dan kering semuanya,” terang Iswar, Jumat (6/1/2023).

Dilanjutkan Iswar, penanganan tanggul jebol di kawasan Marina pihaknya sudah membantu dengan mengerahkan alat berat dan tenaga untuk menutup titik tanggul yang jebol tersebut.

“Memang di kawasan Marina Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) saat ini belum diserahkan ke Pemkot Semarang. Sehingga penanganan seharusnya dilakukan pemilik kawasan yang bersangkutan,” paparnya.

Dapur Umum Terpusat di Tarik

Sedangkan dapur umum terpusat di Balai Kota Semarang pada hari ini atau Jumat (6/1/2023) ditarik. Dapur umum ini menyediakan logistik berupa nasi bungkus untuk warga terdampak banjir yang terjadi pada Sabtu (31/1/2023).

“Pukul 17.00 WIB hari ini, (Jumat, 6/1/2023 red-) rencananya dapur umum di Balaikota ditarik. Semua relawan dan operasional dihentikan karena semuanya sudah tertangani, dan airnya telah surut semuanya,”pungkasnya. (AK/El)

Leave a Reply