Home News Update Sejumlah Rumah Roboh Diterjang Angin Kencang

Sejumlah Rumah Roboh Diterjang Angin Kencang

image

Kulon Progo, 26/3 (Beritajateng.net) – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan rumah roboh.

Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo Suradi di Kulon Progo, Kamis, mengatakan kerusakan terparah di Kecamatan Sentolo, tepatnya di Desa Srikayangan.

“Di Srikayangan ada tiga rumah yang roboh akibat diterjang angin kecang. TRC sudah membantu warga membersihkan bangunan dan dilanjutkan hari ini,” katanya.

Ia mengatakan hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kulon Progo, seperti Kecamatan Lendah, Sentolo, Galur, Panjatan, Pengasih, Girimulyo, dan Kalibawang pada Rabu (25/3) sekitar 14.30 WIB sampai 16.00 WIB.

Hujan deras disertai angin yang menyebabkan pohon dan tiang listrik tumbang juga terjadi pada Selasa (24/3).

“Belum semua data masuk, tapi yang paling parah di Kecamatan Sentolo,” katanya.

Ia mengatakan BPBD juga langsung memberikan bantuan logistik kepada korban bencana alam guna meringankan penderitaan yang tengah dialami.

Terkait dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrem, kata dia, tim relawan BPBD diminta bersiaga penuh guna menghadapi pancaroba.

“Kemungkinan masih akan terjadi curah hujan dengan intensitas cukup tinggi sehingga kita sudah tugaskan para relawan yang tersebar di semua wilayah untuk bersiaga penuh,” katanya.

Salah seorang warga Desa Srikayangan, Rohmanto melalui media sosial facebook mengatakan ada tiga rumah warga rata dengan tanah akibat tertimpa pohon munggur.

Korbannya dua orang, yakni Mardiwiyono dan Tukiyo mengalami patah tulang dan saat ini di rawat di RSUD Wates.

“Kejadian pohon tumbang sekitar 17.00 WIB. Warga dibantu Tim Tagana langsung membersihkan puing-puing runtuhan rumah,” katanya.(ant/BJ)