Home Lintas Jateng Sejumlah Makam di Semarang Penuh, Ini Upaya Pemkot Semarang

Sejumlah Makam di Semarang Penuh, Ini Upaya Pemkot Semarang

Proses pemakaman di Makam Semarang

 

Semarang, 27/6 (BeritaJateng.net) – Tiga area tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Semarang yakni  Dadapan, Trunojoyo, dan Sompok  sudah penuh. Hal ini Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, menyiapkan lahan lain dengan melakukan pembebasan lahan.

“Kita penuhi kebutuhan makam dengan melakukan pembebasan, misalnya melakukan kajian di Jabungan  dan Trunojoyo. Lahan dengan luasan kurang dari lima hektare ditangani oleh tim pemkot sendiri, sedangkan lahan lebih dari lima hektare dilakukan kajian oleh tim BPN. Untuk Jabungan kita terkendala pendanaan,luasnya lebih dari lima hektar,” kata Kasi Penyelenggaraan Pemakaman Disperkim Kota Semarang, Djunaidi.

Pada 2019 lalu, Disperkim telah membebaskan satu bidang dan dua bidang lainnya akan dibebaskan secara bertahap pada tahun ini serta tahun depan.

“Ada rencana pembebasan lahan di Kedungmundu namun belum dilakukan karena anggaran belum disiapkan,” bebernya.

Pemkot kata dia, juga meminta pengembang perumahan untuk menyerahkan lahan pemakaman seluas 2 persen dari lahan pengembang dalam bentuk tanah makam. Saat ini juga sedang dirancang perda agar pengembang tidak melakukan kecurangan.  (Ak/El)