Home News Update Sejumlah Mahasiswa Magang Ikuti Praktek Sidang di Pengadilan

Sejumlah Mahasiswa Magang Ikuti Praktek Sidang di Pengadilan

Sejumlah Mahasiswa Magang Ikuti Praktek Sidang di Pengadilan

BLORA, 8/9 (BeritaJateng.net) – Sebanyak empat mahasiswa IAIN Surakarta, yang magang atau Program Praktek Lapangan (PPL) di Lawyer Sugiyanto di jl. raya Blora – Ngawen Rabu, (7/9) kemarin, ikuti langsung praktek persidangan di Pengadilan.

Keempat mahasiswa jurusan hukum ekonomi syariah itu masing-masing adalah Luluk Ilfitria, Nurhayati Shalikah, Nita Puspitasari dan Iza Miningsih.

Iza mengaku kedatangan di kantor lawyer Sugiyarto untuk belajar langsung proses persidangan sesungguhnya di lapangan.

“Kita ingin memperoleh visualisasi secara langsung dari apa yang kita dapatkan dari kampus. Tadi kita sudah lihat langsung di persidangan bagaimana proses mediasi berlangsung dan dilihatkan pula bentuk surat kuasa itu seperti apa,” katanya.

Mahasiswi asal Klaten ini mengaku penasaran dengan sistem kerja seorang pengacara. Menurutnya untuk menjadi pengacara profesional harus memiliki bukti-bukti kuat di persidangan.

“Sebenarnya penasaran saja pengacara itu seperti apa sih, tadi juga disampaikan pengacara yang baik itu harus punya bukti kuat saat proses persidangan digelar. Karena kalau sampai satu bukti saja tidak kuat bisa dimanfaatkan lawan,” ujarnya.

Dirinya pun berharap dengan belajar ilmu hukum secara langsung di ahlinya, ia bisa lebih banyak mendapat gambaran permasalahan-permasalahan hukum sesungguhnya di lapangan.

“Semoga dengan PPL langsung disini, bisa menambah wawasan ilmu hukum kita. Bagaimana dalam menangani perkara hukum, membela klien hingga bisa memenangkan kasus,” harapnya.

Sementara itu, Sugiyarto menekankan jadi Lawyer tidak mudah karena banyak anggapan negatif dari masyarakat.

“Kalau itu terjadi, ingatkan itu bukan kita, tapi oknum-oknum yang hanya ingin memanfaatkan dari berbagai persoalan hukum yang berjalan,” jelasnya. (Her/El)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × one =