Home Headline Sejumlah Lumbung Ternak Milik ACT di Blora Mangkrak

Sejumlah Lumbung Ternak Milik ACT di Blora Mangkrak

Sejumlah Lumbung Ternak Milik ACT di Blora Mangkrak

BLORA, 6/7 (BeritaJateng.net) – Sejumlah lumbung ternak berupa bangunan kandang kambing milik aksi tanggap cepat (ACT) yang tersebar disejumlah wilayah di Kabupaten Blora Jawa Tengah mangkrak.

Sudah dua tahun ini kandang-kandang kambing tersebut tidak beroperasi. Oleh pemiliknya kandang tersebut dimanfaatkan untuk beternak jangkrik.

Bekas kandang kambing yang digunakan sebagai lumbung ternak itu, terletak di dukuh Sawur, desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Kabupatrn Blora, Jawa Tengah.

Kandang kambing tersebut berdiri diatas lahan seluas satu hektar. Selain di dukuh Sawur, bekas kandang kambing milik ACT tersebar di dukuh Jenu, desa Gandu Kecamatan Sambong.

Sisa bangunan Peninggalan ACT juga masih berdiri seperti gudang dan tempat pengolahan pupuk. Sementara bangunan kandang saat ini juga beralih fungsi menjadi lahan perkebunan buah.

Wariadi mantan koordinator peternak ACT mengaku ACT berdiri sejak 2014 lalu. Dilokasi ini dulu ada seribu lebih kambing yang dipelihara, namun pada 2019 aktivitas peternakan berhenti seiring dengan habisnya masa kontrak lahan.

“Dulu ACT banyak membantu perekonomian warga sini. Banyak warga yang dipekerjakan dipeternakan tersebut,” kata Wariadi, Rabu (6/7/2022).

Namun sejak 2019 lalu aktivitas berhenti total dan sejumlah bangunan dan sejumlah bangunanpun ada yang sudah dibongkar. (Her/El)