Home Lintas Jateng Sejumlah Daerah di Cilacap Alami Krisis Air Bersih

Sejumlah Daerah di Cilacap Alami Krisis Air Bersih

image

Cilacap, 3/7 (BeritaJateng.net) – Ratusan warga di Cilacap mengalami krisis air bersih. Kesulitan air bersih dialami warga Desa Bojong dan Kawunganten Lor Kecamatan Kawunganten, dan warga Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan . Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat bahkan memprediksi krisis air bersih akan meluas.
           
Kepala BPBD Kabupaten Cilacap , Supriyanto melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik  Martono mengatakan,  di Desa Patimuan setidaknya terdapat 921 warga yang mengalami kesulitan air bersih.

“Padahal di wilayah itu sudah ada fasilitas air bersih dari jaringan PDAM, hanya saja saat ini kondisinya sedang tidak bisa maksimal karena kendala teknis. Sumber mata air di Desa Tambaksari Kecamatan Kedungreja mengalami penurunan debit air sehingga menganggu pasokan air PDAM ” jelas Martono, Jum’at (3/7).
           
Martono menambahkan, di Desa Cimrutu krisis air bersih tidak hanya terjadi saat musim kemarau. Namun ketika musim hujan sekalipun air yang ada juga tidak layak untuk dikonsumsi. Sehingga warga hanya mengandalkan penampungan air hujan dan air irigasi. (BJ33)