Home News Update Sebelum Kerjakan Soal UN, Siswa SMP N 1 Ikuti Doa Bersama

Sebelum Kerjakan Soal UN, Siswa SMP N 1 Ikuti Doa Bersama

jelang un1
Siswa SMP Negeri 1 Jepara doa bersama sebelum melaksanakan Ujian Nasional, Senin (4/5) pagi.

Jepara, 4/5 (BeritaJateng.net) – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP Sederajat dimulai hari ini. Di hari pertama Ujian Nasional (UN) tingkat SMP Sederajat ini, SMP N 1 Jepara memastikan seluruh peserta UN yang terdaftar tidak ada yang absen. Kepastian ini diberikan saat pihak sekolah melakukan pengecekan jumlah siswa yang hadir di hari pertama.

“Alhamdulillah  seluruh siswa  kelas tiga bisa hadir. Dari total 305 siswa dibagi ke dalam 16 ruangan,” ujar Wakil Kepala Sekolah SMP N 1 Jepara Subagyo Eka Santoso.

Sebelum memasuki ruang ujian dan mengerjakan soal UN, siswa SMP N 1 Jepara mengikuti doa bersama yang digelar pihak sekolah. Doa bersama ini dilakukan sebagai usaha persiapan mental siswa sebelum mengerjakan soal UN.

“Doa bersama ini sebagai puncak persiapan UN. Tujuannya agar mengikat usaha-usaha persiapan yang telah dilakukan sebelumnya. Sebab, dengan pemantapan rohani, harapannya materi-materi yang telah dipelajari tidak lepas. Bagaimanapun juga kita manusia yang beragama, jadi kita bersandar kepada Tuhan,” tutur Subagyo.

Sebelumnya, rentetan usaha persiapan telah dilakukan seperti melakukan pemadatan jam pelajaran, dan try out.

Menurutnya, pelaksanaan doa bersama dilakukan sekitar pukul 06.30 WIB di aula sekolah. Selain melakukan doa bersama, di aula tersebut siswa diberikan pengarahan tentang tata tertib ujian nasional, termasuk tidak diperbolehkannya membawa handphone.

“Kami sudah mengantisipasi sejak dini dengan meminta agar orang tua siswa memastikan putra putrinya tidak membawa handphone saat berangkat mengikuti UN,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu peserta UN, Silvani Dea mengaku tidak tegang mengerjakan UN hari pertama ini, sebab sudah mempersiapkan diri selama satu bulan lebih.

“Selain mengikuti tambahan jam pelajaran, saya juga mendapat dukungan penuh dari orang tua,” katanya

Meski nilai UN ini tidak menjadi satu-satunya syarat untuk lulus, namun ketika melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, nilai UN tetap dibutuhkan.(Bj18)