Home Headline Sebanyak 804 Pensiunan Gugat BRI Rp 160 Miliar di PHI

Sebanyak 804 Pensiunan Gugat BRI Rp 160 Miliar di PHI

SEMARANG, 19/12 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 804 pensiunan BRI yang menggugat mantan perusahaannya, BRI telah mengajukan gugatan perselisihan hubungan kerja di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

Hingga kini, gugatan yang dipimpin ketua majelis hakim PHI Zaenal Arifin tersebut sudah masuk persidangan. Adapun, tahapannya, penggugat kini sedang memperbaiki gugatan atas diajukannya ahli waris.

Panitera pengganti PHI, Hening Wahyuningtyas mengatakan, persidangan perkara hubungan kerja ini telah berlangsung tiga kali. “Penggugat masih memperbaiki gugatannya yang dimohonkan di pengadilan. Perbaikan gugatan terkait adanya tujuh penggugat yang meninggal dunia,” tandas Hening.

Karenanya, surat kuasanya harus diubah mewakili ahli waris, bukan penggugat. Dalam sidang tersebut, pensiunan BRI diwakili kuasa hukumnya, Purnomo dan Iwan.

Para pensiunan itu menggugat 35 tergugat, seperti BRI Pusat, Kanwil BRI Semarang, BRI Cabang Salatiga, dan Pekalongan untuk membayar ganti pesangon, penggantian hak, dan penghargaan masa kerja secara material Rp 10 miliar, immaterial Rp 100 miliar, dan denda Rp 50 miliar.

Bukan hanya di PHI Semarang, gugatan juga diajukan pensiuan BRI di sejumlah daerah seperti Medan, Lampung, Makasar, dan Bandung. Dalam gugatannya, kekurangan pesangon yang dituntut pensiunan itu berbeda-beda, ada Rp 200 juta hingga Rp 350 juta. (WR/EL)

Advertisements