Home News Update SD Kartini Semarang Direkomendasikan Jadi Cagar Budaya

SD Kartini Semarang Direkomendasikan Jadi Cagar Budaya

SD Kartini

Semarang, 30/1 (BeritaJateng.net) – Bertepatan dengan 100 tahun berdirinya SD Kartini Semarang, Direktorat Jenderal Kebudayaan merekomendasikan SD Kartini sebagai cagar budaya Nasional.

Kasubbid Registrasi Nasional, Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Yuni Astuti Ibrahim menyatakan, SD Kartini ini merupakan salah satu bangunan yang dinyatakan oleh tim ahli nasional yang diduga sebagai cagar budaya Nasional.

Menurutnya, berdasarkan undang-undang, sebelum Menteri Kebudayaan Nasional memberi keputusan penetapan, maka Kepala Daerah (Bupati atau Walikota)harus ditetapkan setatus kecagarbudayaannya. Setelah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Walikota Semarang, selanjutnya bisa dilanjut ketingkat nasional.

“Sudah tidak di sangsikan lagi karena setelah melihat sejarahnya, SD Kartini juga memiliki teknologi tersendiri pada saat itu, sehingga ini jadi potensi tersendiri bagi SD Kartini untuk ditetapkan jadi cagar budaya. Untuk itu rekomendasi tim cagar budaya akan diteruskan setelah ditetapkan oleh walikota Semarang,” paparnya.

Ia menjelaskan, di dalam Undang-undang Dasar No. 11 tahun 2010 urusan status cagar budaya, dimulai dari pasal 33 yakni berisi status cagar budaya Nasional yang ditetapkan oleh pemerintah daerah (bupati dan walikota), yang selanjutnya bisa di teruskan ketingkat Nasional. Untuk penetapannya, berada pada pasal 45, yang penetapannya dinilai dari pentingnya sejarah tempat tersebut.

“Rekomendasi sekolah ini ke walikota sudah kami masukkan, kami juga sudah rapatkan dengan 13 orang tim cagar budaya kota Semarang yang telah melakukan peninjauan beberapa waktu lalu. Insyaallah, dalam waktu dekat akan kami desak ditingkat Walikota agar bisa di teruskan ke tingkat nasional,” ujar Yuni. (BJ05)

Advertisements