Home Headline Satu Keluarga Ditangkap Karena Jual Gadis Dibawah Umur

Satu Keluarga Ditangkap Karena Jual Gadis Dibawah Umur

Para pelaku yang diamankan Polres Banyumas karena menjual gadis di bawah umur untuk dijadikan PSK.

— Dijadikan PSK di Lokalisasi GS Baturraden

Purwokerto, 12/6 (BeritaJateng.net) – Jajaran Polres Banyumas berhasil mengamankan lima orang traficking. Dari lima tersangka tersebut, tiga diantaranya merupakan satu keluarga, terdiri dari bapak, ibu dan anak. Mereka menjual gadis-gadis di bawah umur di kompleks lokalisasi Gang Sadar (GS) Baturraden.

Kasat Reskrim Polres Banyumas, AKP Andi Kadesma mengatakan, satu keluarga yang menjadi tersangka pelaku traficking merupakan warga Desa Pliken, Kecamatan Kembaran, Banyumas.

“Tiga tersangka yang merupakan keluarga ini terdiri dari Supeno (44), istrinya Hanifah (42) dan anak mereka yang bernama Elsa Yubalevi (20). Mereka menjual perempuan-perempuan di GS kepada para hidung belang,” kata Andi Kadesma, Minggu (12/6/2016).

Selain ketiganya, polisi juga mengamankan dua tersangka lain yaitu, Wartim (48), warga Desa Tambaksogra, Kecamatan Sumbang dan Riyadin (44), warga Desa Pliken, Kecamatan Kembaran. Mereka melakukan praktik traficking ini sudah lebih dari setahun.

Terbongkarnya kasus traficking ini atas laporan korban yang berhasil melarikan diri dari GS. Korban traficking yang berhasil diidentifikasi yaitu OK (16), warga Kecamatan Sumbang, AO (16), warga Kecamatan Sumbang dan TA (16), warga Kecamatan Sokaraja. Diduga masih banyak korban traficking lainnya yang belum terungkap, mengingat lamanya praktik yang sudah dijalankan lima tersangka ini.

Modus yang digunakan tersangka untuk menjerat para korban yaitu dengan menjanjikan pekerjaan. Sebagian korban merupakan warga desa kurang mampu yang ingin mendapatkan pekerjaan. Tersangka kemudian merekrut mereka, namun bukannya diberi pekerjaan, para korban justru dibawa ke lokalisasi GS.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang pidana perdagangan orang dengan anacaman hukuman 15 tahun penjara. (BJ33)

Advertisements