Home Lintas Jateng Satu Jam, 50 Pelanggar Lalu Lintas Sidang Ditempat

Satu Jam, 50 Pelanggar Lalu Lintas Sidang Ditempat

Hakim PN Siti Hajar Siregar memimpin jalannya sidang terhadap pelanggar lalu lintas di GOR Simpang Lima Purwodadi, Senin (8/12). (BJ/DP)

Grobogan, 8/12 (Beritajateng.net) – Satlantas Polres Grobogan menggelar sidang tilang di tempat dalam menggelar Operasi Zebra Candi 2014. Operasi ini bekerja sama dengan Pengadilan Negeri (PN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwodadi.

Dalam sidang yang digelar di halaman GOR Simpang Lima itu menghadirkan hakim PN Siti Hajar Siregar, Panitera Nurozi dan Jaksa Nunuk Dwi Astuti.

Kapolres Grobogan AKBP Indra Darmawan Iriyanto yang turut meninjau jalannya sidang menjelaskan, unsur polisi sebagai penegak hukum, jaksa sebagai penuntut umum, dan pelaksana putusan hakim yang memutuskan berapa jumlah denda yang harus dibayar oleh pelanggar lalu lintas.

Menurutnya dengan sidang di tempat, masyarakat tidak perlu menghadiri sidang di PN Purwodadi. Selain itu, sebagai bentuk transparansi hukum. Razia dan sidang di tempat ini dilakukan kali kedua selama pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2014.

“Dalam waktu satu jam, kami sudah mendapatkan lebih dari 50 pengendara yang tidak melengkapi surat-surat. Mereka (pelanggar, red) bisa langsung menghadiri sidang. Selain itu, mereka juga mendapatkan hukuman denda berdasarkan putusan hakim secara langsung,” ujar Kapolres didampingi Kasat Lantas AKP Parno di sela-sela kegiatan, Senin (8/12).

Dikatakannya, dalam Operasi Zebra kali ini lebih banyak dilakukan penindakan dengan komposisi 80%, tindakan persuasif 10% dan 10% lainnya adalah preventif.

Tercatat, selama 12 hari pelaksanaan Operasi Zebra Candi, pihaknya sudah melakukan penindakan tilang lebih dari 3 ribu pelanggar lalu lintas. Sedangkan teguran lebih dari 5 ribu. Bentuk pelanggaran yang paling banyak adalah kelengkapan surat-surat berkendara.

“Tidak hanya dalam Operasi Zebra saja, kedepan kami akan melakukan sidang di tempat selama dua kali dalam kurun waktu satu bulan. Karena hal itu merupakan bagian dari wujud kepedulian kami terhadap pengendara khususnya pelanggar,” tandas Kapolres. (DP/pj)