Home Lintas Jateng Sambut Ramadhan, Gerbong Kereta Api Dicuci

Sambut Ramadhan, Gerbong Kereta Api Dicuci

image

Semarang, 14/6 (BeritaJateng.net)-Menjelang jadwal arus mudik Lebaran 2015, puluhan anggota pecinta kereta api (KA) beramai-ramai mencuci gerbong KA Kaligung kelas Ekonomi di jalur perlintasan 2 Stasiun Semarang Tawang, Minggu (14/6). Aksi cuci kereta yang dilakukan Komunitas Railfans Daop IV (KRDE) Semarang tersebut juga dibantu petugas PT KAI Daerah Operasional (Daop) IV Semarang.

Bendahara Komunitas Railfans Daop IV (KRDE) Semarang, Muhammad Fenanda Ardiyanto mengatakan, aksi bersih-bersih kereta kali ini untuk mendukung kelancaran arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2015.

“Semoga, setelah kami mencuci gerbong KA Kaligung bisa mendukung kelancaran aktivitas masyarakat yang pulang kampung naik kereta,” ujar lelaki berusia 17 tahun ini.

Lebih lanjut, ia mengaku bersyukur aksinya mendapat dukungan penuh dari PT KAI Daop IV Semarang. “Ada 60 orang yang mencuci satu gerbong kereta Kaligung KA 431 bernomor seri K3-0-6613. Anggota kami datang dari Tegal hingga ujung Bojonegoro dan dari selatan Gundi,” ujar lelaki yang masih duduk di bangku Kelas III SMA Kesatrian 2 tersebut.

Lebih jauh, ia mengungkapkan, tak butuh persiapan banyak untuk mencuci kereta. Sebab, ia cukup menyiapkan air dan sabun yang telah disediakan oleh pihak stasiun. “Sudah dibantu rekan-rekan komunitas dan KAI,” katanya.

Sementara itu Manager Humas PT KAI Daop IV Semarang, Suprapto, menyebutkan, KA Kaligung merupakan kereta Ekonomi jurusan Semarang-Tegal yang punya jadwal keberangkatan pukul 09.10 WIB pagi, 12.50 WIB siang dan 16.30 WIB sore.

“Dan yang sedang dibersihkan ini merupakan rangkaian kereta terbaru yang akan dilaunching sebelum Ramadan,” ungkap Suprapto.

KA Kaligung, kata Suprapto, juga punya daya tarik tersendiri. Kereta tersebut memiliki desain interior pemandangan jalur Pantura. Kaligung adalah KA Ekonomi satu-satunya yang dilengkapi televisi.

“Ada tujuh gerbong Kaligung yang mampu mengangkut 742 penumpang. Setiap gerbong berkapasitas 106 penumpang. Dan harga tiketnya hanya Rp50 ribu,” tandas dia. (Mg-1)