Home News Update Sambut MEA dan HUT Ke 50 UNNES Gelar Seminar Nasional Pariwisata

Sambut MEA dan HUT Ke 50 UNNES Gelar Seminar Nasional Pariwisata

IMG_20150519_105446
Semarang, 19/5 (BeritaJateng.net) – DPP IKA Universitas Negeri Semarang menggelar Seminar Nasional dan Dialog Pariwisata bertajuk Kesiapan SDM Pariwisata Antara Tantangan Dan Harapan Menyonsong Masyarakat Ekonomi Eropa(MEA) dan dalam rangka memperingat Dies Natalies UNNES yang Ke 50 di Gedung Auditorium UNNES Selasa, (19/5).
Seminar Nasional dan Dialog Pariwisata tersebut menghadirkan beberapa narasumber diantaranya yakni, Wahyono Kepala Pusat Pengembangan SDM Kepariwisataan dari perwakilan Kementrian Pariwisata RI, I Gede Ardika Mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Ir. Siswoyo Yudohusodo Anggota DPR RI yang merupakan pelaku usaha pariwisata, Ida Bagus Lolec Surakusuma Country Manager of PT. Pacific World Nusantara-Bali-Indonesia, dan Dedi Sumardi GM Quest Hotel Semarang.
Pada Seminar tersebut dibuka oleh Ketua Umum DPP IKA UNNES Drs. Budiyanto,SH,M.Hum. Pada pidato pembukaanya ia menjelaskan bahwa MEA (Masyrakat Ekonomi Asean) sudah didepan mata, yang merupakan dari kelanjutan dari ASEAN Free Tread Area(AFTA) yang dimulai sejak tahun 1992. Dan Pada31 Desember 2015 Indonesia akan menghadapi rea pasar bebas, dari segi modal, barang, jaa hingga tenaga kerja, khususnya dengan berkaitan dengan tenaga kerja/SDM Pariwisata.
Menurutnya, arus bebas tenaga kerja akan diprioritaskan pada 12 sektor. sektor tersebut terdiri lima sektor jasa, yaitu pelayanan kesehatan , logistik, telematika, transportasi udara dan pariwisata, serta tujuh sektor lainya yakni, pertanian, perikanan, karet, kayu, otomotif, elektronik dan tekstil.
Oleh karena itu, lanjutnya, sumber daya manusia pariwisata yang kompeten, berkualitas, dan berdaya saing tinggi sangat diperlukan dalam era MEA. Dan Hal ini perlu dilakukan bersam-sama antara pemerintah, lembaga pendidikan, industri pariwisata, dan masyrakat.
Dalam rangka dies natalies yang ke 50 DPP IKA UNNES bekerjasama dengan DINBUDPAR Prov. Jateng menyelenggarakan seminar tersebut dengan tujuan, menyamakan persepsi pentingnya menyiapkan sumber daya manusia menghaapi MEA, bertukar pikir menyusun strategi bersama pengembangan SDM Pariwisata Yang berdaya saing dalam menghadapi MEA, dan mengingatkan stakeholder pariwisata dari pemerintah maupun pelaku pariwisata untuk saling bersinergi meningkatkan kualitas SDM dalam menghadapi MEA. (BJ06)