Home Hiburan Sambut Bulan Ramadhan, Warga Semarang Ikut Pawai Dugderan

Sambut Bulan Ramadhan, Warga Semarang Ikut Pawai Dugderan

IMG_20150615_071142

Semarang, 15/06 (BeritaJateng.net) – Menyambut bulan Ramadhan 1436 H, pawai karnaval Dugderan tetap di selenggarakan meskipun pasar Dugder yang biasanya di selenggarakan di kawasan Johar ditiadakan.

Ya.. pagi ini, Senin (15/6) Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang sudah dipenuhi oleh arak-arakan siswa.

Rencananya setelah upacara pembukaan oleh Asisten Perekonomian, Pembangunan Dra. Ayu Enthys., MM mengatakan, rute arak-arakan kirab budaya oleh seluruh siswa dan UPTD Kota Semarang dimulai dari Simpang Lima, Jalan Pahlawan menuju Universitas Diponegoro Pleburan.

IMG_20150615_064715

Sedangkan, menurutnya, untuk pawai mobil hias, yang diikuti oleh instansi-instansi se-Kota Semarang,  mengambil rute mulai dari Simpang Lima, Jalan Pandanaran, Tugu Muda sampai ke Balaikota Semarang.

Salah seorang siswa yang mengikuti pawai Dugderan asal SDN Sampangan 1 Semarang, Fauzan mengatakan, mengikuti karnaval dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. “Mempertunjukkan drum band dengan kentongan bersama teman-teman, untuk memeriahkan dugderan kali ini,” ujarnya.

Sementara itu, terlihat perwakilan dari Sekolah-sekolah di Semarang yang juga menyuguhkan pertunjukan dalam pawai karnaval.

“Festival dugderan membawakan stik angklung sari. Anak-anak berjalan beriringan di tengah lapangan dilanjutkan mengikuti arak-arakan dengan rute yang ditentukan,” kata Umi, Guru SD Kembang Sari 01.

Ada pula pasukan Upacara dan Marching Band, Tiara Sekar Ayu, dari SMP 1 Semarang dengan anggotanya 19 siswa mewakili Semarang Barat.

IMG_20150615_074437

Ada pula stand yang menampilkan produk unggulan kota Semarang di depan Masjid Baiturrahman. Supriyadi sebagai ketua panitia Masjid Baiturrahman yang akan menyampaikan laporan kirab budaya dugder, karnaval, pawai mobil hias mengatakan, peserta yang hadir meliputi UPTD tingkat TK, SD, Ibtidaiyah, Tsanawiyah seluruh kota Semarang.

“Jumlah peserta didik dari masing-masing UPTD ada 11rb anak. Untuk tamu undangannya sebanyak 250 dari Pemkot, Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan,” jelasnya.

Menurutnya, tujuan diadakannya Kirab dan karnaval ini untuk mengingatkan umat muslim akan datangnya bulan Ramadhan. “Sebagai penyambutan, seperti sabda Rasul, siapa saja yang berbahagia menyambut ramadhan, akan dipermudah urusan dunianya,” imbuhnya. (Mg-1)