Home News Update Salut!! Dosen Udinus Beri Ketrampilan dan Berdayakan Anak-anak Putus Sekolah 

Salut!! Dosen Udinus Beri Ketrampilan dan Berdayakan Anak-anak Putus Sekolah 

Teguh, dosen Udinus yang memberi skill dan ketrampilan anak-anak putus sekolah dan pengangguran untuk diberdayakan dibidang komputer dan jaringan.

Semarang, 21/11 (BeritaJateng.net) – Seorang dosen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang memberdayakan anak-anak putus sekolah dan pengangguran di kelurahan Sukoharjo dan Sekaran Gunung Pati. Ya.. MY. Teguh Sulistyono M.Kom telah memberdayakan kreatifitas anak-anak putus sekolah dan penganggiran dengan membentuk kelompok wirausaha jasa perbaikan dan jaringan komputer.

Selain mencerdaskan bangsa, dosen satu ini berperan aktif dalam membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan dan pengembangan teknologi terkini. Dari tahun ke tahun, Udinus selalu mewajibkan dosennya melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat disamping aktivitas primernya yakni pendidikan.

Salah satunya adalah Teguh, ia dan dua orang timnya Wellia Shinta Sari M.Kom dosen Fakultas Ilmu Komputer dan Ira Septriana SE, M.Si dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, fokus dalam pembentukan kelompok wirausaha jasa perbaikan dan jaringan komputer untuk anak putus sekolah dan pengangguran.

Pemilihan lokasi yang cukup dekat dengan instansi pemerintahan dan institusi pendidikan yakni Universitas Negeri Semarang (Unnes), membuat kelompok wirausaha ini berpeluang besar memasarkan jasanya.

“Mayoritas daerah sana adalah pengguna laptop dan komputer. Jadi lokasinya sangat pas,” ungkap Teguh.

wow.. Dosen Udinus Beri Ketrampilan dan Berdayakan Anak-anak Putus Sekolah 
wow.. Dosen Udinus Beri Ketrampilan dan Berdayakan Anak-anak Putus Sekolah

Pelatihan yang diberikan tim dosen Udinus berupa pelatihan instalasi jaringan komputer, operasi software, reparasi/perbaikan hardware, dan manajemen sumber daya keuangan untuk mengelola keuntungan yang nantinya diperoleh.

Moechamad Saleh Kasi Trantib Kelurahan Sekaran, mengaku sangat senang dengan adanya pelatihan dan pendampingan semacam ini untuk masyarakatnya. “Anak-anak jadi ada kesibukan tambahan yang bermanfaat,” ujarnya.

Tak butuh waktu lama lagi bagi Diyah Wahyu salah satu anggota kelompok bentukan Teguh untuk bisa memasarkan jasa reparasi komputernya. “Saya harapkan pembentukan kelompok wirausaha di Sekarang dan Sukorejo ini bisa mengentaskan kemiskinan dan menurunkan angka kriminalitas bagi remaja yang putus sekolah dan pengangguran,” pungkas Teguh. (Bj)

Advertisements