Home Hiburan Saksikan Yuk….Pemutaran Film “Jihad Selfie”

Saksikan Yuk….Pemutaran Film “Jihad Selfie”

Semarang, 19/7 (BeritaJateng.net) – “Jihad Selfie” adalah film dokumenter yang dibuat secara riil/nyata tanpa melalui script/scenario, dimana inti dari film ini adalah fakta perekrutan kelompok teroris/radikal dalam hal ini ISIS yang kini menggunakan Sosial Media (Facebook, Twitter, WhatsAp, Instagram, Skype).

Dalam film ini, Noorhuda Ismail selaku Sutradara sekaligus Produser meruntutkan perekrutan teroris tersebut lewat Sosial Media dari salah satu remaja 17 Tahun asal Aceh bernama Akbar Maulana yang mendapatkan beasiswa belajar Agama di Turki.

Pada 2014, secara tak sengaja, Noorhuda mendapati Akbar yang saat itu di sebuah warung di Turki tengah galau saat melihat foto selfie beberapa temannya asal Indonesia yang bergabung di ISIS tengah memanggul senapan M-16. Akbar pun mulai terpikat dan ingin ikut bergabung ke ISIS.

Dari pertemuan dengan Akbar inilah, Noorhuda yang mencoba menyadarkan dan memulangkan Akbar ke Indonesia mulai “dikonsep” Noorhuda untuk sebuah film documenter, hingga kemudian baru dimulai syuting pada Maret 2015 hingga berakhir pada Juni 2016.

Oleh Noorhuda, semua adegan dalam film Jihad Selfie ini adalah murni adegan nyata, hanya adegan pertemuan dengan Akbar yang direka ulang.

“Adegannya nyata, riil semua tanpa scenario. Yang direka ulang hanya adegan pertemuan awal saya dengan Akbar,” terang Noorhuda.

Noorhuda menambahkan, jika film ini memiliki misi edukasi dan pencegahan jika perekrutan kelompok radikal/teroris kini bukan lagi pada obyek kelompok/organisasi yang berperilaku kekerasan. Pola perekrutan pun sudah mengalami pergeseran dan menyesuaikan jaman, dimana kini melalui Sosial Media.

“Obyek mereka sudah bukan lagi kelompok keras/radikal di Indonesia. Tapi anak-anak muda, yang saat ini demen dengan Sosial Media,” tambah Pendiri Yayasan Prasasti Perdamaian yang berkecimpung dalam deradikalisasi mantan Teroris.

Melihat materi film yang cukup menarik dan terkait momentum kasus bom bunuh diri di Mapolresta Surakarta pada 5 Juli lalu, Journalist Creative bersama Mediatama.Co Production membawa Film “Jihad Selfie” ke Jawa Tengah, yang dimulai dari Kota Semarang.

Acara pun akan dikemas tidak hanya pada pemutaran film, namun juga berdiskusi dengan Si Sutradara Noorhuda Ismail yang didatangkan langsung dari Melbourne, Australia.

“Kami lihat sangat menarik dan mendidik, maka kami putar film sekaligus kita undang Sutradaranya ke Jawa Tengah. Akan kita buat road show nya yang dimulai dari Kota Semarang,” ungkap Damar Sinuko dari Journalist Creative.

Tak hanya menghadirkan Noorhuda, acara diskusi dan pemutaran film Jihad Selfie di Kota Semarang pada 26 Juli 2016 di Aula Kantor Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jateng Jalan Ahmad Yani 160 Semarang ini juga akan menghadirkan narasumber dari Polda Jateng, Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) serta kalangan Akademisi dan Jurnalis.

“Untuk teman-teman mahasiswa tidak perlu khawatir, kami akan buat acara dengan konsep yang sama di kampus-kampus,” tambah Damar. (BJ)