Home Headline Saka Wanabhakti Randublatung Blora Raih Juara II Lomba Pangkalan Tingkat Jateng

Saka Wanabhakti Randublatung Blora Raih Juara II Lomba Pangkalan Tingkat Jateng

Saka Wanabhakti Randublatung Blora Raih Juara II Lomba Pangkalan Tingkat Jateng

BLORA, 30/8 (BeritaJateng.net) – Satuan Karya Pramuka (Saka) Wanabakti Pangkalan Perum Perhutani Randublatung raih Juara II Lomba Pangkalan Saka Tergiat tingkat Kwarir, tingkat Provinsi Jawa tengah tahun 2021.

Kejuaraan tersebut di umumkan dalam acara Malam Penghargaan Citraloka Gerakan Pramuka Jawa Tengah Sabtu (29/08/2021) kemarin

Lomba pangkalan Saka tersebut di ikuti 40 Saka se jawa Tengah yakni, Saka Bayangkara (Kepolisian), Saka Taruna Bumi (Pertanian), Saka Bhakti Husada (Kesehatan), Saka Bahari (kelautan), Saka Wirakartika ( Angkatan Darat), Saka Widya Bakti Budaya (Pendidikan), Saka Wanabakti (Kehutanaan), Saka Bina Sosial ( Dis Sos).

Masing masing Saka mengirimkan 5 pangkalan yang tersebar di seluruh kabupaten se Jawa Tengah.

Penilaian Lomba tersebut, di mulai sejak Juni 2021, yang diawali dengan pemeriksaan Porto Folio dan dokumen kegiatan selama 2 tahun terakhir.

Wawancara Pengurus dan anggota, dan Visitasi (kunjungan) langsung ke lokasi pangkalan oleh Tim Yuri dari Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Hasil penilaian akhir para dewan juri menetapkan 3 Pangkalan Satuan Karya Pramuka tergiat tingkat Jawa Tengah.

Sebagai Juara I Pangkalan Saka Widya Budaya Bhakti Kwarcab Kabupaten Semarang, Binaan PP – Paud Diknas Provinsi Jateng , Juara II Pangkalan Saka Wanabakti Kwaran Kecamatan Randublatung, Kwarcab Blora binaan Perum Perhutani KPH Randublatung, Juara III Panggkalan Saka Wira Kartika Kwarcab Kabupaten Wonogiri binaan Kodim 0728 Wonogiri.

Administratur Perhutani KPH Randublatung Dewanto selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Wanabakti Randublatung menyampaikan bahwa kejuaran hanyalah sarana semangat untuk mengembangkan diri bagi adik – adik anggota Saka Wanabakti, tujuan akhir dalam pembinaan pramuka ini adalah menciptakan generasi yang tangguh, mandiri dan memahami kelestarian hutan.

“Keberhasilan pembinaan generasi muda kususnya bidang kehutanan tidak hanya di lihat dari kejuaraan, namun bagaimana kita bisa menciptakan generasi muda yang tangguh dan mandiri serta memahami tentang kelestarian hutan, sehingga kelak mereka sudah siap untuk berbakti dan terjun ke masyarakat, itu yang harus kita lakukan“ Ujar Dewanto, Senin (30/8/2021).

Sementara itu Angga Nur Aji salah satu anggota Saka Wanabakti Randublatung mersa terharu dan bangga atas kejuaraan yang telah di raih.

“Ini merupakan penghargaan sekaligus tantangan untuk kami yang selama ini aktif mengikuti kegiatan di Saka Wanabakti, dengan prestasi ini akan menambah semangat bagi kami dan teman teman untuk lebih maju dalam berbakti dan ikut serta membangun masyarakat dalam pelestarian hutan,“ kata Angga. (Her/El)