Home Hukum dan Kriminal Sabu-Sabu Seberat Tiga Kilogram Dimusnahkan

Sabu-Sabu Seberat Tiga Kilogram Dimusnahkan

_MG_6183
Sabu-sabu seberat 3 kilogram dimusnahkan bersama-sama oleh Kapolres Batang AKBP Joko Setiyono SIK SH didampingi seluruh tokoh dan Muspida Kabupaten Batang, di Mapolres Batang Kamis (30/7).

Batang, 30/7 (BeritaJateng.net) – Jajaran Kepolisian Resor Batang memusnahkan narkoba jenis sabu-sabu seberat tiga Kilogram. Diketahui bahwa barang haram tersebut didapat dari hasil penangkapan salah seorang kurir yang dibawanya dari Jakarta dan tertangkap di daerah Gringsing awal bulan waktu lalu.

Kapolres Batang AKBP Joko Setiyono SIK SH mengatakan, jika pemusnahan narkoba jenis sabu-sabu tersebut dilakukan sudah sesuai dengan aturan bahwa tujuh hari setelah penetapan maka harus dimusnahkan. Terlebih nilai ekonomi sabu-sabu tersebut mencapai Rp 5 miliar.

“Pemusnahan barang bukti berupoa sabu-sabu ini dengan cara di dilarutkan dengan air dan sabun. Kemudian di blender dan terakhir dibuang di closed agar tidak disalah gunakan. Tapi jika sudah dibuang di closed, koq masih ada yang mengambil dan menggunakan lagi, yow kebangetan,” ujar Kapolres kepada sejumlah wartawan.  

Prosedur yang harus dilakukan sebelum melakukan pemusnahan sudah dilewati. Yaitu melakukan uji laboratorium dan penimbangan, persis pada saat awal pengungkapan kasus tersebut.  

“Pihak penyidik dari Satnarkoba Polres Batang hanya menyisakan barang haram tersebut seberat 1 ons, untuk dijadikan barang bukti di pengadilan nanti,” terangnya.

Berkaca dari kasus tersebut, kapolres mengimbau agar masyarakat turut berperan serta untuk mewaspadai peredaran narkoba di lingkungannya.

“Kita tidak boleh lengah. Saya berharap masyarakat turut berperan aktif mengawasi. Apabila menemukan indikasi narkoba mohon segera melapor,” tandas AKBP Joko Setiyono SIK SH.

Kasus ini sendiri terungkap saat petugas tengah melakukan pemeriksaan disebuah bus jurusan Jakarta – Surabaya yang pengemudinya melaporkan adanya kehilangan sebuah laptop milik salah seorang penumpang. 

Ketika dilakukan penggeledahan terhadap seluruh para penumpang, ada salah seorang penumpang  turun dari bus dan berusaha melarikan diri. Setelah berhasil ditangkap, ternyata Darsono warga Sidoarjo Jawa Timur tersebut membawa sabu seberat tiga kilogram atau senilai lima milyar rupiah.

“Hingga kini petugas tengah melakukan pengejaran terhadap bandar dan pemesan sabu yang sudah dikantongi identitasnya,” tandas Kapolres.  

Pemusnahan sabu-sabu seberat tiga kilogram tersebut, juga dihadiri sejumlah tokoh muspida Kabupaten Batang diantaranya Dandim 0736 Batang, Kajari, Ketua Pengadilan, Kepala Rutan, Tokoh Agama, Wakil Ketua DPRD, Kepala BNN Batang, Labfor Polda Jateng, serta jajaran perwira Polres Batang lainnya. (BJ019)