Home Headline Rumah Sakit Kebanjiran, Pasien Tidak Dievakuasi

Rumah Sakit Kebanjiran, Pasien Tidak Dievakuasi

image

Pekalongan, 2/1 (Beritajateng.net) – Hujan deras selama tiga jam yang mengguyur wilayah Pekalongan menyebabkan banjir di sejumlah lokasi. Tak terkecuali Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kraton, Kabupaten Pekalongan.

Sedikitnya tiga ruang tegenang air hingga mencapai 30 centimeter. Tiga ruang tersebut adalah Ruang Mawar yang merupakan perawatan anak, Ruang Wijayakusuma untuk pasien bedah dan ruang Jenazah.

Kabag Administrasi RSUD Kraton, Enny Susilowati mengatakan, hujan yang mula tirun sekira pukul 15.00 akhirnya membuat sejumlah ruangan rumah sakit tergenang air.

“Air masuk ruang pasien sekira pukul 18.00. Kami sudah lakukan antisipasi karena memang sudah langganan banjir,” ungkapnya saat ditemui di lokasi.

Di Ruang Mawar yang berkapasitas 31 kamar tidur terdapat 19 pasien. Sedangkan Ruang Wijayakusuma yang merupakan terdapat 8 pasien dari 18 bed yang tersedia.

“Pasien tidak kami evakuasi. Karena kami langsung antisipasi menggunakan Wet And Dry Pump (penyedot air dan pengering lantai),” kata Enny.

Zainuri (44) kerabat pasien di Ruang Wijayakusuma mengatakan, genangan air mencapai tulang kering orang dewasa.

“Airnya sekira 30 centi meter. Sampai bawah lutut,” ungkapnya.

Pantauan di lokasi, sejumlah petugas cleaning service dari perusahaan rekanan sedang melakukan penyedotan air dan pengeringan lantai di Ruang Mawar.
Sementara itu, air setinggi 10 centi meter masih menggenang di Ruang Wijaya Kusuma. Sedangkan di halaman RSUD Kraton genangan air mencapai 50 centimeter. (BJ11)