Home Headline Rumah Kafe Tak Ber-IMB Dibongkar Satpol PP

Rumah Kafe Tak Ber-IMB Dibongkar Satpol PP

Satpol PP Jepara membongkar rumah kafe di tepi pantai.
Satpol PP Jepara membongkar rumah kafe di tepi pantai.
Satpol PP Jepara membongkar rumah kafe di tepi pantai.

Jepara, 15/01(Beritajateng.net) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Jepara, membongkar paksa sebuah bangunan rumah di kawasan pantai teluk awur kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Kamis (15/1). Rumah tersebut dibongkar karena dibangun ditepi pantai tanpa mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB).

Selain tak berizin, pembongkaran ini dilakukan karena rumah tersebut mendapat protes dari warga setempat. Warga menolak keberadaan rumah yang diketahui milik Salim warga Kelurahan Potroyudan Jepara, lantaran akan dipergunakan untuk Kafe.

Kepala Satpol PP Trisno Santoso mengatakan, pembongkaran bangunan rumah terpaksa dilakukan karena berada di bibir pantai yang merupakan tanah milik negara. Sesuai dengan aturan pemerintah, sesorang bisa mendirikan bangunan dengan jarak minimal 100 meter dari bibir pantai.

“Tanah ini adalah tanah milik negara dan tidak diperbolehkan mendirikan bangunan dalam bentuk apapun, “ jelas Trisno Santoso disela-sela pembongkaran rumah.

Pihak pemilik menjalin kesepakan kepada pihak Satpol pp untuk melakukan pembongkaran sendiri. Namun hingga batas waktu yang disepakati, pemilik tidak juga melakukan pembongkaran. Hal inilah yang membuat Satpol PP melakukan tindakan tegas.

“Sebenarnya pemilik rumah telah menyepakati untuk membongkar bangunan ini, namun hingga waktu yang dijanjikan tak juga membongkar,” tambah Trisno.

Pembongkaran rumah berjalan lancar, tanpa ada perlawanan dari pemilik rumah.(BJ18)