Home News Update Ruas Tol Bawen – Salatiga Ditargetkan Selesai 2017

Ruas Tol Bawen – Salatiga Ditargetkan Selesai 2017

jalan tol

SEMARANG, 8/4 (BeritaJatsng.net) – Pembangunan jalan tol seksi III ruas Bawen – Salatiga saat ini sedang dalam proses lelang dan ditargetkan bisa selesai pada tahun 2017 mendatang.

Sekda Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengakui pembangunan ruas Bawen – Salatiga molor dari target semula yang diperkirakan selesai tahun 2016.

“Sebenarnya Maret kemarin targetnya sudah bisa dimulai tapi molor. Menjelang lebaran 2017 mendatang targetnya sudah selesai,” ungkapnya, Rabu (8/4).

Sri Puryono mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait atas pembangunan jalan bebas hambatan tersebut. Saat ini, untuk seksi III lahan yang sudah terbebaskan diklaim sudah selesai mencapai 90%.

Dihubungi terpisah, Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng (TMJ),  Ari Nugroho mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan proses pelelangan pembangunan jalan sepanjang 17,30 km tersebut di seksi III ruas Bawen-Salatiga. Ada 23 kontraktor yang mengikuti proses lelang tersebut.

“Kami harapkan awal Mei nanti sudah mendapatkan pemenangnya,” kata dia.

Dijelaskan Ari, pembangunan seksi III ini dibagi menjadi tiga paket pengerjaan, anggaran setiap paketnnya kisaran antara Rp400 miliar – Rp500 miliar. Menurut dia, anggaran itu menyesuaikan dengan harga material dan upah pekerja saat ini.

Ari berharap, pemerintah segara menyerahkan berkas lahan yang telah terbebaskan. Dengan harapan, setelah proses lelang pembangunan nanti selesai, lahan yang terbebaskan itu bisa dikerjakan. “Kalau lahannya tidak segera dibebaskan,  kontraktor tidak bisa langsung bekerja,” imbuh Ari.

Sebab, lanjut Ari, biasanya kontraktor akan  langsung memeriksa lokasi yang akan dibangun.  

Ari menjelaskan, sesuai jadwal pengerjaan fisik pembangunan untuk seksi III itu adalah 18 bulan, maka target penyelesainya adalah 2016.  Setelah pembangunan fisik seksi III selesai, lanjut Ari, akan dilanjutkan pembangunan seksi IV  untuk ruas Salatiga-Boyolali sepanjang 24,13 km dan seksi V untuk  ruas Boyolali-Kartosuro sepanjang 72,64 km. (BJ13)