Home Lintas Jateng Ruang Terbuka Hijau Taman Rejomulyo segera Dibangun

Ruang Terbuka Hijau Taman Rejomulyo segera Dibangun

Semarang, 7/8 (BeritaJateng.net) – Program Pemerintah Kota Semarang untuk mewujudkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Rejomulyo tinggal sejengkal.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi, menyatakan bahwa Pemkot tinggal menunggu pedagang grosir ikan basah pindah ke Pasar Rejomulyo Jalan Pengapon yang jaraknya sekitar 500 meter ke arah timur dari pedagang berjualan ikan basah yang aktivitasnya setiap malam.

Hendi mengatakan, rencana untuk mewujudkan hutan kota atau ruang terbuka hijau Taman Rejomulyo, menunggu para grosir ikan basah pindah ke Pasar Rejomulyo.

“DED rencana pembangunan Taman Rejomulyo sudah selesai, kami tinggal menunggu para grosir ikan basah Pasar Kobong, pindah ke Pasar Rejomulyo yang sudah disiapkan untuk para grosir,” kata Hendi.

Dikatakan Hendi, begitu para grosir ikan basah  pindah ke Pasar Rejomulyo, maka Pemkot Semarang melalui SKPD (Dinas Kebersihan dan Pertamanan/DKP) kota Semarang langsung ditindaklanjuti dengan pembangunan ruang terbuka hijau di bekas Pasar Kobong.

“Semakin cepat pedagang grosir ikan basah pindah maka semakin baik pula pembangunan RTH, dilaksanakan, untuk kepentingan masyarakat menikmati udara sejuk di kawasan RTH Taman Rejomulyo,” katanya.

Menurutnya, RTH di lokasi bekas Pasar Kobong untuk ruang terbuka hijau di antaranya untuk tamanisasi yang berfungsi untuk penghijauan kota dan lengkap dengan sarana dan prasarana permainan anak-anak.

Selama ini, seperti kita ketahui, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Semarang tinggal menunggu Dinas Pasar Kota Semarang menseterilkan Pasar Kobong dari pedagang.

Sedangkan luas lahan Pasar Kobong mencapai sekitar 2,5 hektar. Dari luas lahan tersebut, yang sudah dimanfaatkan untuk taman hanya sekitar 20 persen.

Sisanya, sebagian masih dimanfaatkan untuk pasar grosir ikan basah, dan pindang yang kegiatannya berlangsung  pada malam hari, mulai sore, hingga pagi dini hari. (Bj05)

Advertisements