Home Lintas Jateng RSUD SURAKARTA SIAP TERIMA PASIEN PAKAI KIS

RSUD SURAKARTA SIAP TERIMA PASIEN PAKAI KIS

BPJS Kesehatan

Solo, 10/11 (beritajateng) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Surakarta siap melayani pasien pengguna Kartu Indonesia Sehat (KIS), meskipun Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta sampai saat ini belum menerapkan sistem KIS yang diluncurkan pemerintah.

Kartu Indonesia Sehat

“RSUD Surakarta prinsipnya tidak ada masalah dan siap menerima pasien dengan KIS jika kondisinya darurat, kami berikan pelayanan dahulu untuk pasien, sedangkan masalah biaya bisa belakangan,” kata Direktur Utama RSUD Surakarta, Willy Handoko kepada wartawan di Solo, Senin.

Ia mengatakan tidak hanya untuk pasien pengguna KIS, namun juga untuk semua pasien peserta Program Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan maupun Jamkesda. Meski demikian dirinya belum mengetahui sistem KIS yang diterapkan pemerintah pusat tersebut saat ini.

Disinggung soal kebutuhan pegawai, Willy mengakui masih membutuhkan cukup banyak tenaga medis. Namun dirinya harus mempertimbangkan kondisi Keuangan RSUD mengingat pihaknya sudah tidak mengandalkan anggaran dana dari APBD.

Ia mengatakan saat ini jumlah perbandingan perawat RSUD Surakarta sebanyak satu banding tiga. Jika memungkinkan pihaknya akan mengusahakan jumlah perawat hingga rasionya menjadi satu dibanding dua.

Terkait KIS, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Surakarta, Budi Suharto mengaku belum ada keterangan atau surat edaran (SE) dari pemerintah pusat mengenai program kesehatan terbaru produk Pemerintahan Presiden Joko Widodo tersebut. Dirinya saat ini menunggu sambil mencari data pembanding agar KIS nantinya dapat tepat sasaran.

“Kami belum tahu teknis program KIS. Termasuk sasarannya apa menggunakan data Badan Pusat Statistik (BPS) atau daerah yang kita punya. Yang jelas data penerima yang kita miliki bukan untuk menyaingi tapi melengkapi yang dijadikan acuan,” katanya. (ant/puj)