Home News Update Robot Control Via Bluethoot Karya Siswa SMK7 Semarang Bersaing dalam Creanovation Award...

Robot Control Via Bluethoot Karya Siswa SMK7 Semarang Bersaing dalam Creanovation Award 2016

Robot Control Via Bluethoot Karya Siswa SMK7 Semarang Karya siswa SMKN7 Semarang Bersaing dengan 30 peserta dari seluruh Indonesia dalam Creanovation Award 2016 Udinus.

Semarang, 15/5 (BeritaJateng.net) – Robot Control Via Bluethooth (RCVB), salah satu karya dari tiga pelajar SMKN 7 Semarang yang berani tampil dan unjuk kebolehan di Creanovation Award 2016 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Tim yang terdiri dari tiga pelajar kelas XI SMKN 7 Semarang ini telah memodifikasi robot yang awalnya manual menjadi robot yang berkoneksi dengan bluethooth.

Ketiga pelajar ini yakni Rizal Iqbal Ahyadi, Imam Maajid, dan Ahmad Bahtiar.  “Kami kembangkan robot yang sebelumnya dibuat oleh kakak kelas kami kami tambah dengan aplikasi Gadget Berbasis Android sebagai pengendali robot melalui konektifitas bluethooth sebagai sarana permainan dan edukasi,” ujar Rizal salah seorang pembuat robot RCVB.

Pengembangan robot, lanjut Rizal hanya membutuhkan waktu dua bulan. “Robot RCVB bisa dieksplorasi menjadi robot dengan berbagai kegunaan. Bisa untuk angkut barang, robot penjepit atau diaplikasikan sebagai robot jarak jauh,” tutur Rizal saat ditemui BeritaJateng.net dalam acara Creanovation Awards 2016 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Robot RCVB dari SMKN 7 Semarang bersaing dengan 30 peserta terpilih yang telah lolos dalam berbagai seleksi. Ketua Panitia Creanovation Award Fakultas Teknik Udinus Semarang.

“Creanovation Awards merupakan lomba kreativitas dan inovasi tingkat nasional untuk siswa SMA se-derajat. Dalam pelaksanaannya, peserta diharuskan menciptakan produk atau metode inovatif yang dituangkan dalam bentuk ide, gagasan, model, formulasi, produk, dan purwarupa,” jelas Tita Talitha, S.T., M.T., selaku ketua panitia.

Menurut Litha, kegiatan ini bertujuan unuk mendorong kreativitas dan inovasi generasi muda ini dibagi menjadi lima kategori, yakni Produk Olahan Makanan, Perkakas/Alat Bantu, Game dan Penalaran, Green Technology, dan kategori lain selain dari empat kategori tersebut.

Sejauh ini, lanjutnya, total sebanyak 150 peserta telah medaftarkan timnya untuk menjadi peserta Creanovation Awards 2016. Namun dari jumlah tersebut panitia kemudian mengambil 140 peserta yang lolos dari seleksi administrasi. Selanjutnya setelah dilakukan penjurian awal diambil 30 tim terbaik yang berhak lolos ke babak final yang akan diadakan di Udinus.

“Aroma kompetitif sangat terasa, peserta yang lolos ada 30 tim, mereka tidak hanya dari Jawa. Ada yang dari Palembang dan Sulawesi itu Bulukumba,” tuturnya.

Tita berharap Creanovation Awards 2016 dapat meningkatkan peran generasi muda baik pada di dunia pendidikan maupun industri. “kami berharap dari kegiatan ini peran pemuda pada pendidikan dan industri dapat terus meningkat”, imbuhnya. (Bj05)