Home Lintas Jateng Rob di Semarang Diprediksi Berlangsung Hingga Akhir Juni

Rob di Semarang Diprediksi Berlangsung Hingga Akhir Juni

Rob yang terjadi berhari-hari di kota Semarang.

Semarang, 18/5 (BeritaJateng.net) – Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Semarang Retno Widyaningsih mengakui jika rob merupakan siklus tahunan ini karena pengaruh gravitasi matahari dan bulan sehingga dapat diprediksi titik tertinggi dan pasang surutnya.

Menurutnya, pada tahun ini rob lebih sering terjadi di siang hari. ‘’Yakni mulai pukul 08.00-17.00, namun untuk puncak tertingginya rata-rata terjadi pada pukul 12.00-17.00,’’ ujarnya.

Untuk periode minggu ini tanggal 16 puncaknya dan kemarin mulai turun. Namun rob akan kembali tinggi di tanggal 24 hingga 31 Mei. Di mana puncak tertingginya mencapai 1,7 meter.

Menurutnya, kondisi naik turunnya air pasang laut ini akan terjadi hingga akhir bulan Juni. Untuk itulah, pihaknya mengimbau kepada warga yang di daerah langganan rob untuk waspada.

‘’Rob yang terjadi di siang hari ini (kemarin,red) berlangsung dalam waktu lama, yakni dua hingga tiga jam dan baru kemudian surut mulai di malam hari,’’ katanya.

Di bulan Juni diprediksi rob tinggi mencapai satu meter akan terjadi dalam dua periode. Yakni antara tanggal 7 hingga 13 dan tanggal 23 hingga 29 Juni. (bj05)