Home Headline Ribuan Warga Solo Rebutan Gunungan Jaler dan Estri

Ribuan Warga Solo Rebutan Gunungan Jaler dan Estri

image
Ilustrasi

Solo, 3/1 (Beritajateng.net)- Dua pasang gunungan kerotan kasunanan Surakarta yang diarak dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi rebutan ribuan orang, Sabtu (3/1).

Meski, sepasang gunungan, yang dikenal dengan gunungan Jaler (laki-laki) dan gunungan estri (perempuan) diarak oleh beberapa abdi ndalem pada pukul 11.00, namun masyarakat sudah sejak pagi menunggu.

Dalam arak-arakan tersebut barisan prajurit Keraton mengawali prosesi kirab gunungan. Di barisan belakang prajurit Keraton, putra Paku Buwono XII, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger diiringi para abdi ndalem Keraton berjalan memasuki dalam masjid Agung.

Sesampainya di Halaman Masjid Agung, penghulu Masjid Agung Keraton memanjatkan doa. Usai Do’a dipanjatkan, masyarakat langsung berebut gunungan. Hanya dalam hitungan menit dua gunungan tersebut langsung ludes.

Masyarakat percaya dengan mendapatkan gunungan maka akan mendapatkan berkah.

KGPH Puger mengatakan, arak-arakan sepasang gunungan tersebut merupakan ungkapan rasa syukur pihak kraton. “Sepasang gunungan ini merupakan salah satu tradisi yang selalu rutin digelar pihak Keraton dua kali setiap tahunnya. Yaitu saat Maulid Nabi dan Idhul Adha,”katanya. (BJ24)