Home Hiburan Ribuan Siswa Ikuti Karnaval Paskah 2015

Ribuan Siswa Ikuti Karnaval Paskah 2015

image

Semarang, 30/4 (BeritaJateng.net) – Ribuan siswa dari sejumlah sekolah melakukan longmarch dari depan Balaikota Semarang hingga ke Lapangan Garnisun Kalisari, Kamid (30/4) sekitar pukul 15.00 WIB.

Mereka memakai atribut dan pakaian beraneka rupa untuk memeriahkan even ‘Karnaval Paskah 2015’ yang digelar gereja se-Kota Semarang baik Katolik maupun Kristen dan sekolah-sekolah Katolik maupun Kristen. 

Longmarch karnaval dilepas oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dari depan Makodim 0733/BS. Hendi, panggilan akrabnya, mengaku sangat apresiatif dengan kegiatan yang digelar gereja se-Kota Semarang tersebut. “Kita ini kan bagian dari keluarga besar Kota Semarang dari berbagai etnis, budaya, dan agama. Hari ini, ada karnaval dari Kristen dan Katolik. Kami (Pemkot Semarang, Red.) berikan support kepada mereka,” katanya. 

Menurut dia kegiatan karnaval itu tidak hanya ditujukan kepada golongan tertentu semata. Tetapi juga berusaha mengajak masyarakat pada umumnya untuk ikut terlibat dalam pembangunan kota tanpa membedakan suku, agama, dan ras. Hal itu dapat terlihat dari atribut berupa poster yang dibawakan oleh para peserta karnaval yang bertuliskan ‘Semarang Aman’, ‘Semarang Bersih’, ‘Semarang Sehat’, dan lainnya. 

“Disinilah sebenarnya keanekaragaman wajah kita. Kita harus bisa menghormati, memahami, dan menghargai satu sama lain. Disini kita bisa melihat luar biasa semangat mereka untuk ikut terlibat dalam pembangunan kota ini,” ungkapnya.

Terlihat beberapa siswa berkostum membagi-bagikan coklat, permen, kue dan telur pada penonton yang berbaris di sisi jalan. Longmarch sepanjang hampir lima kilometer tersebut diikuti puluhan sekolah baik dari tingkat Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Akhir hingga Perguruan Tinggi di Kota Semarang. 

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam rangka merayakan kebangkitan Yesus Kristus, Gereja se-Kota Semarang menyelenggarakan Karnaval Paskah 2015. Berbeda dengan gelaran pada 2012, 2013, dan 2014 dimana dilakukan secara indoor di dalam gedung atau gereja. Di samping acara karnaval, Perayaan Paskah juga diisi dengan bakti sosial pada Kamis (30/4) mulai pukul 10.00 di Lapangan Garnisun Jalan dr Soetomo Kalisari.  

Dalam bakti sosial itu panitia membuka bazar murah untuk berbagai kebutuhan, pengobatan gratis, pijat refleksi, potong rambut gratis, donor darah dan hiburan dari berbagai pengisi acara. Khusus untuk paket sembako murah, dijual seharga Rp 10.000 yang dilayani pada pukul 14.00 sampai 16.00 WIB. Pada pukul 16.30 di Lapangan Garnisun, Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang Romo FX Sukendar, Pr menyampaikan renungan Paskah 2015. (BJ05)