Home Lintas Jateng Ribuan Pemudik Tiba di Pelabuhan Tanjung Mas

Ribuan Pemudik Tiba di Pelabuhan Tanjung Mas

image

Semarang,8/7 (Beritajateng.net)-Dua Kapal besar yaitu Dharma Ferry II yang berangkat dari Pelabuhan Ketapang dan KM Kirana III yang berangkat dari Pelabuhan Sampit berlabuh di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang Kamis (8/7). Dua kapal itu membawa ribuan penumpang dari luar Jawa yang akan menuju beberapa kota di Jawa Tengah.

Manager Cabang PT Dharma Lautan Utama Herman Fajar menjelaskan sejumlah pemudik yang datang dari luar Pulau Jawa ini kurang lebih berjumlah sekitar 1200 penumpang. “Sesuai kapasitas kapal yang memuat satu kapal sekitar 500 sampai 700 penumpang,”ujarnya.

Jumlah kenaikan penumpang dari kapal-kapal sebelumnya didominasi oleh beberapa kendaraan pribadi baik itu kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Untuk dua kapal ini sendiri, berdasarkan data terdapat sekitar 110 kendaraan para pemudik, untuk dibawa ke kampung halaman.

Ia mengatakan, diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 sampai lebaran nanti, dengan jumlah penumpang rata-rata seribu sampai tiga ribu orang.

Untuk menjaga keaman penumpang, PT Dharma Lautan Utama juga sudah mempersiapkan, petugas keamanan yang setiap saat standby di kapal. Sementara di sekitar pelabuhan akan dibantu tenaga pengaman dari luar yakni pengamanan dari angkatan laut dan aparat kepolisian.

“Untuk harga tiket, tidak akan ada kenaikan, kecuali tiket progresif yang berlaku pada H-7 sampai lebaran nanti,”ujarnya.

Hal ini ungkapnya bertujuan agar arus penumpang menjadi merata. Yakni tidak terjadi pada satu titik pemberangkatan sehingga para pemudik lebih awal dengan mendapatkan harga tarif lebih murah atau harga normal.

“Tetapi untuk H-7 sendiri, kemungkinan harga tiket akan naik menjadi 30 persen dari harga normal,”tambahnya.

Sarifudin (40) salah satu penumpang asal  Wonosobo mengungkapkan memilih mudik lebih awal dikarenakan tiket yang lebih murah. “Kalau awal begini tidak terjadi kepadatan penumpang dan bisa libur lebih lama,”ungkapnya.(MG-3)