Home Nasional Ribuan Nasi Bungkus Disiapkan untuk Korban Banjir

Ribuan Nasi Bungkus Disiapkan untuk Korban Banjir

banjir jakarta

Jakarta, 10/2 (BeritaJateng.net) – Hampir 10.000 nasi bungkus disiapkan dapur umum Kementerian Sosial yang disalurkan untuk korban banjir di wilayah Jakarta Utara.

“Siang ini dapur umum Kemensos sudah masak hampir 5.000 bungkus kalau dijumlah dari pagi hampir 9.000 bungkus yang disebarkan ke sejumlah titik pengungsian,” kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos Margowiyono.

Kemensos menyiapkan dapur umum di Sudinsos Jakarta Utara yang merupakan salah satu wilayah yang terparah terdampak banjir akibat hujan sejak Senin (9/2).

“Selain dapur umum Kemensos, banyak juga didirikan dapur umum mandiri tapi kita tetap suplai kebutuhan logistiknya,” kata Margowiyono.

Meski Pemerintah DKI Jakarta belum mengeluarkan status darurat banjir, pemerintah pusat segera turun tangan dalam penanganannya.

Selain mendirikan dapur umum, berbagai bantuan darurat juga disalurkan seperti selimut, makan instan, family kit, kebutuhan anak dan lainnya.

Salah satu titik pengungsian adalah di tribun Stadion Tugu Koja Jakarta Utara yang menampung sebanyak 600 hingga 700 pengungsi korban banjir.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) total daerah yang terendam banjir 307 RW, 97 kelurahan dan 33 kecamatan dengan 4.830 KK atau 15.517 jiwa yang terdampak akibat rumah mereka terendam banjir.

Sementara 5.986 jiwa mengungsi di 14 lokasi pengungsian yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. (ant/BJ)